Kasus Hepatitis Akut di Indonesia, Bupati Kendal Dico: Waspada

- Jumat, 13 Mei 2022 | 15:24 WIB
Bupati Kendal bersama Dandim 0715 membawa adonan cor untuk pembangunan jalan di Lokasi TMMD Sengkuyung I Tahun 2022 Rabu 11 Mei 2022. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Bupati Kendal bersama Dandim 0715 membawa adonan cor untuk pembangunan jalan di Lokasi TMMD Sengkuyung I Tahun 2022 Rabu 11 Mei 2022. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM - Meski belum ada temuan warganya yang terjangkit hepatitis akut, namun Pemerintah Kabupaten Kendal diminta, mewaspadai penyakit yang banyak menyerang anak-anak.

Bupati Kendal Dico M Ganindito menyatakan hingga saat ini belum ada warganya yang terserang penyakit hepatitis akut.

Namun begitu, ia tetap mewaspadai penyakit yang telah menyerang masyarakat di beberapa daerah yang ada di Indonesia.

Baca Juga: 18 Kali Kebakaran Selama Tahun 2022 di Kendal, Kerugian Capai Rp 2,732 Miliar

Dirinya menegaskan, sudah menyiapkan beberapa langkah untuk mencegah penyakit tersebut, supaya tidak masuk ke Kendal.

Diantaranya, dengan memperkuat perilaku hidup bersih dan sehat ( PHBS ), dan melakukan sosialisasi dalam pencegahannya, seperti meningkatkan konsumsi makanan bergizi.

“Alhamdulillah, hingga kini tidak ada warga Kendal yang menderita sakit hepatitis akut. Semoga semuanya sehat,” terangnya, Jumat 13 Mei 2022.

Ditambahkan meskipun sampai saat ini belum ada kasus yang ditemukan di Kendal, tapi dirinya akan minta Puskesmas, rumah sakit, hingga poliklinik, melakukan pengawasan khusus terkait wabah tersebut.

“Kami juga sudah memberikan instruksi kepada kepala Puskesmas,untuk memberi edukasi kepada masyarakat melalui camat, lurah, dan kepala desa untuk memberi informasi, dan setiap faskes siap menyediakan ruangan khusus seandainya ada masyarakat yang terkena hepatitis akut,” imbuh Dico.

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X