Syarat Antigen Dilonggarkan, Penumpang KMP Kalibodri Kembali Membludak

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 17:03 WIB
Ratusan penumpang KMP Kalibodri berdesakan masuk ke dalam kapal di Pelabuhan Kendal Sabtu 21 Mei 2022. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Ratusan penumpang KMP Kalibodri berdesakan masuk ke dalam kapal di Pelabuhan Kendal Sabtu 21 Mei 2022. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM-- Pelonggaran yang mulai diberlakukan dari melepas masker dan tidak perlu tes antigen untuk perjalanan dalam negeri disambut positif penumpang KMP Kalibodri.

Terlihat jumlah penumpang yang hendak kembali ke Kalimantan Tengah membludak dan mengalami peningkatan.

Penumpang yang sudah vaksin minimal dua kali tidak perlu lagi tes antigen, sementara yang baru mendapatkan vaksin satu kali masih diwajibkan menyertakan hasil antigen.

Baca Juga: Sinergi dengan RSI Muhammadiyah Kendal, UMKABA akan Dilengkapi Fakultas Kedokteran

Berdasarkan surat edaran, kewajiban antigen bagi pelaku pejalanan dalam negeri tidak lagi diberlakukan. Namun bagi yang masih mendapatkan vaksin dosis pertama,masih diharuskan mengantoni surat hasil tes antigen sebagai syarat melakukan perjalanan menggunakan angkutan umum.

Dampak dari pelonggaran ini, jumlah penumpang KMP Kalibodri di Pelabuhan Kendal membludak. Jumlahnya meningkat jauh lebih banyak dari keberangkatan sebelumnya.

Kepala UPTD Pelabuhan Kendal Andi Rahmat menjelaskan, penumpang yang hendak kembali ke kumai sudah tidak perlu lagi menyertakan hasil tes antigen.

Baca Juga: Bisakah Penyakit Cacar Monyet Sebabkan Kematian?

“Sesuai edaran yang ada memang sudah tidak lagi antigen, itu bagi penumpang yang sudah mendapatkan minimal dua kali dosis vaksin. Sementara yang baru sekali di vaksin masih tetap harus melakukan tes antigen,” jelasnya saat memantau keberangkatan KMP Kalibodri Sabtu 21 Mei 2022.

Halaman:

Editor: Lilisnawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X