Pertebal Keimanan di Lapas Kelas I Semarang, Narapidana Gelar Kelas Baca Al-Quran

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 21:53 WIB
Narapidana Lapas Kelas 1 Semarang menggelar kelas membaca Al-Quran. (Lapas Semarang)
Narapidana Lapas Kelas 1 Semarang menggelar kelas membaca Al-Quran. (Lapas Semarang)

NGALIYAN, AYOSEMARANG.COM - Walaupun berada di balik penjara, tidak membuat narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menjadi mati suri.

Tinggal di Lembaga Pemasyarakatan, Lapas Kelas I Semarang tidak membuat narapida menjadi suram.

Di Lapas Kelas I Semarang mereka juga terus mengasah ilmu agamanya terutama dalam mengaji.

Setelah melakukan senam dan ibadah pagi, narapidana menggelar pengajian kelas Iqra dan Al-quran.

Kegiatan mengaji selain dipusatkan di Masjid At Taubah Lapas, juga di lakukan pada masing-masing pendopo padepokan blok mulai dari padepokan Abimanyu hingga Lesmana yang berjumlah dua belas blok hunian.

Baca Juga: HUT Astra Motor ke-52, Honda Jateng Gelar Donor Darah dan Apresiasi Pelanggan

Kepala Lapas Semarang, Tri Saptono Sambudji menuturkan kelas ini tujuannya selain untuk bekal agama, para napi juga diberikannya program khusus pendidikan baca Al-Quran secara tepat dan cepat agar setelah mereka bebas mereka bisa membaca Al-Quran dengan baik.

“Setiap pagi kita rutinkan olahraga, lalu salat dhuha, terus lanjut ngaji bersama. Hal ini untuk mengurangi niat jahat dan membekali narapidana. Beberapa penghuni lapas dibagi menjadi beberapa kelompok karena masih banyak yang belum lancar membaca Alquran,” ujarnya, Sabtu 18 Juni 2022.

“Libur hari minggu. Jadi, enam hari dalam sepekan mereka disibukkan menjadi santri bukan menjadi orang jahat,” lanjutnya.

Tri Saptono mengatakan, untuk guru mengaji biasanya diminta dari kalangan napi sendiri. Mereka yang sudah bisa membaca ayat suci Alquran serta Iqra diminta mengajari temannya yang belum pandai membaca Alquran.

Halaman:

Editor: Iswara Bagus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X