SEMARANGAN Altar Penolak Bala Tanjakan Gombel Semarang, Penangkal Kecelakaan Mirip Kuburan

- Selasa, 21 Juni 2022 | 12:03 WIB
Altar penolak bala di Tanjakan Gombel Semarang. Banyak yang mengira altar ini sebagai kuburan.  (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
Altar penolak bala di Tanjakan Gombel Semarang. Banyak yang mengira altar ini sebagai kuburan. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

BANYUMANIK, AYOSEMARANG.COM -- Jika hendak naik ke Tanjakan Gombel dari arah Fly Over Jatingaleh Semarang, di sisi kanan jalan apabila cermat bakal melihat sebuah bangunan kecil menyerupai kuburan.

Orang yang melintas di Tanjakan Gombel Semarang tentu saja bakal menyimpulkan itu sebagai kuburan karena memang bentuknya seperti pusara.

Pemerhati Sejarah Semarang, Johanes Christiono menampik jika bangunan itu bukan kuburan namun altar penolak bala.

Baca Juga: SEMARANGAN Misteri Kuburan di Tanjakan Gombel Semarang, Ada Sejak Zaman Belanda

"Itu altar penolak bala. Di sana terdapat tulisan Mandarin yang berbunyi, "Namo Amituofo (Aman dan Damai)," terangnya saat ditemui Senin 20 Juni 2022.

Johanes lalu memaparkan jika dia mengetahui pembuatan altar penolak bala itu. Bahkan, dia juga sempat berkomnunikasi dengan pembuatnya.

Awal mula adanya altar itu adalah karena sekitar tahun 60 sampai 70-an, di Tanjakan Gombel banyak terjadi kecelakaan.

"Menurut warga sekitar dulu pernah ada rombongan pengantin yang meninggal semua. Lalu ada truk pembawa sapi yang meninggal. Kemudian sebelum ada jalur penyelamat banyak truk atau bus yang mengalami rem blong dan tidak kuat nanjak," ungkapnya.

Baca Juga: Rumah Spanyol Semarang, Bangunan Tua Bermitos Kuntilanak Merah

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X