Dongkrak Perekonomian, 70 Petani di Kendal Dapat Bantuan Permodalan

- Jumat, 24 Juni 2022 | 16:06 WIB
Petani Kendal menerima bantuan modal melalui Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA) Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kendal . (edi prayitno/kontributor Kendal)
Petani Kendal menerima bantuan modal melalui Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA) Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kendal . (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM - Petani di Kabupaten Kendal menerima bantuan permodalan antara Rp 2 juta-Rp 20 juta yang disalurkan Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis, LKMA Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kendal.

Ada 70 petani di Kabupaten Kendal mendapatkan bantuan permodalan dari pemerintah melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yaitu Badan Layanan Umum Kementerian Keuangan yang bertugas mengelola Pembiayaan Ultra Mikro (UMi).

Bantuan permodalan ini untuk mengembangkan usaha pertanian, dengan maksud mendongkrak perekonomian petani agar lebih sejahtera.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menerangkan, kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan dan perjanjian kerjasama antara PIP dengan Pemkab Kendal, Kementerian Pertanian dan PT Jamkrida Jateng tentang pengembangan dan perluasan penyaluran pembiayaan ultra mikro.

Baca Juga: Baznas Kendal Targetkan Seluruh Desa dan Kelurahan Jadi Unit Pengumpul Zakat Tahun Ini

MoU dan penyerahan bantuan permodalan kepada petani ini pertama di Indonesia sebagai percontohan. Menurutnya, ini merupakan upaya Pemkab Kendal untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Pihaknya akan menggarap serius kerjasama ini agar bisa menghasilkan output yang lebih besar lagi.
Sehingga menjadi akses bagi petani untuk bisa mendapatkan pinjaman resmi dari pemerintah.

"Tugas kami membina LKMA dan memastikan penyaluran bantuan ini, kami akan support penuh PIP. Ini akan jadi koperasi besar, petani Kendal ke depan akan lebih baik lagi," terangnya.

Dico menjelaskan, saat ini ada dua LKMA yang mendapat kepercayaan menyalurkan bantuan kepada 70 petani. Masing-masing adalah LKMA Mojo Agung dan LKMA Anugrah Tani Makmur.

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadi Kampung Pancasila, Ini Harapan Kades Tejorejo

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 15:54 WIB

Kendal Masih Kekurangan Tenaga Kebersihan Jalan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X