Pengerukan Sungai Kendal Belum Maksimal, Anggaran Jadi Kendala

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 11:29 WIB
Sedimentasi Sungai Kendal mulai dikeruk namun hanya sepanjang 750 meter karena keterbatasan anggaran.  (edi prayitno/kontributor kendal)
Sedimentasi Sungai Kendal mulai dikeruk namun hanya sepanjang 750 meter karena keterbatasan anggaran. (edi prayitno/kontributor kendal)

KENDAL,AYOSEMARANG.COM -- Sedimentasi sepanjang Sungai Kendal semakin parah, hal ini yang kerap menjadi penyebab sungai meluap dan menggenangi ratusan rumah sepanjang sungai.

Pengerukan Sungai Kendal sudah mulai dilakukan, namun belum maksimal hanya dilakukan sepanjang 750 meter dari masjid Agung Kendal ke arah utara.

Koordinator Kelompok Pengelola (Korpokla) Wilayah Bodri, Kantor Korpokla SDA Wilayah Bodri, Nur Kholis mengatakan, pengerukan atau normalisasi Sungai Kendal merupakan kegiatan rutin tiap tahun. Hanya saja, tidak bisa menyeluruh dalam setahun, karena keterbatasan anggaran.

Baca Juga: Terpeleset, Kakek 60 Tahun di Kendal Ditemukan Tewas Dalam Sumur

Pada tahun 2022 ini, pengerukan Sungai Kendal, hanya sepanjang 750 meter, mulai jembatan Masjid Agung Kendal ke arah utara sampai wilayah Kelurahan Bandengan. Kelanjutan pengerukan sungai dari Masjid Agung ke arah selatan, akan dilakukan tahun berikutnya.

"Yang sebelah masjid ke selatan akan dilakukan pengerukan tahun depan, yang tiap tahunnya selalu diusulkan," katanya.

Ditambahkan, pengerukan tidak bisa maksimal, karena beberapa kendala seperti banyaknya bangunan di bantaran sungai. Selain itu kondisi talud sungai yang berupa pasangan batu, sehingga tidak bisa dilakukan pengerukan lebih dalam, karena talud sungai bisa roboh.

"Pengerukan tidak bisa maksimal, karena banyak kendala, seperti di bawah jembatan yang terlalu rendah, sehingga alat berat tidak bisa menjangkau," katanya.

Baca Juga: Usai PRK, Beginilah Kondisi Terbaru Rumput Stadion Kebondalem Kendal, Butuh Anggaran Rehab Rp 5 M?

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Syiar Islam, Gemira dan GP Ansor Gelar Festival Rebana

Minggu, 27 November 2022 | 21:00 WIB

Siapkan Porprov Korpri 2023, Ini Persiapan ASN Kendal

Rabu, 23 November 2022 | 19:42 WIB
X