Eks PNPM Perdesaan Kendal Salurkan Bansos untuk 3.217 Warga Kurang Mampu

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:09 WIB
Bupati Kendal menyerahkan bantuan sosial dari eks PNPM Perdesaan kepada 3.217warga kurang mampu. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Bupati Kendal menyerahkan bantuan sosial dari eks PNPM Perdesaan kepada 3.217warga kurang mampu. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Meski sudah tidak lagi diperpanjang, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan atau PNPM Perdesaan sampai sekarang masih berlanjut.

Dari UPK PNPM Perdesaan bahkan mampu mengumpulkan dana hingga Rp 655.244.000 yang digunakan untuk bantuan sosial kepada warga kurang mampu.


Bantuan kepada 3.217 warga kurang mampu ini tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten kendal dan diserahkan simbolis oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto.


UPK PNPM mandiri perdesaan yang ada di 16 kecamatan Kabupaten Kendal berdiri sejak tahun 2007-2014 sudah banyak memberikan manfaat dan bantuan sosial pada masyarakat pedesaan.

Baca Juga: Awas Ketagihan, Berikut 6 Kuliner Pempek Spesial di Semarang, Cocok Buat Kulineran

Seiring berakhirnya kontrak kerja para pekerja ini secara mandiri melanjutkan program kerjanya dengan memberikan dana stimulan bergulir membantu para pengusaha kecil UMKM.


Setiap tahunnya, UPK ini menyisihkan keuntungan minimal sebanyak 15% dari surplus untuk memberikan bantuan kepada anak yatim piatu, lansia jompo serta rumah tangga miskin.

Ketua UPK Kecamatan Pegandon, Ahmad Giyanto menyampaikan, dana bantuan sosial adalah dana dari hasil surplus atau laba UPK yang diperuntukkan untuk memberikan bantuan kepada rumah tangga miskin.


"Total dana sosial yang akan realisasikan tahun ini adalah Rp655.244.000, untuk berikan kepada 3.225 orang dengan sasaran rumah tangga miskin yang ada di Kabupaten Kendal," ujarnya saat Launching Kawasan Perdesaan Padang Sumampeer dan Dana Sosial Pengelolaan Dana Bergulir Eks PNPM Mandiri Perdesaan.

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tungku Oven Bocor, Pabrik Kayu di Protomulyo Terbakar

Kamis, 29 September 2022 | 20:33 WIB

Ini Cara Hindari Investasi Bodong Versi MES Kendal

Kamis, 29 September 2022 | 19:18 WIB

Guru PAUD Adalah Pengabdian dan Dituntut Kreatif

Senin, 26 September 2022 | 18:42 WIB
X