Ingin Jadi Entrepreneur Andal, Ini Kiat Bupati Kendal untuk Pemula

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 18:03 WIB
Bupati Kendal Dico M Ganinduto memberikan arahan di HIPMI Goes to SMA Negeri 1 Kendal, Kamis 04 Agustus 2022.  (Edi Prayitno kontributor Kendal)
Bupati Kendal Dico M Ganinduto memberikan arahan di HIPMI Goes to SMA Negeri 1 Kendal, Kamis 04 Agustus 2022. (Edi Prayitno kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Pengusaha dan entrepreneur satu bagian yang tidak bisa dipisahkan. Namun menjadi entrepreneur harus memiliki jiwa dan semangat yang lebih dibandingkan dengan menjadi seorang pengusaha.

“Kalau pengusaha itu ibarat orang mau berjualan jeruk, beli berapa dijual berapa. Namun menjadi entrepreneur butuh proses dan mampu mengolah dalam usaha untuk meningkatkan nilai jual lebih tinggi. Jadi bukan sekedar berjualan jeruk, tetapi bagaimana jeruk ini diolah agar mempunyai nilai lebih,” kata Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat menjadi keynote speaker di HIPMI goes to SMA negeri 1 Kendal, Kamis 04 Agustus 2022.

Dikatakan, menjadi seorang entrepreneur berarti melibatkan proses penciptaan suatu barang atau jasa. Selain itu membutuhkan pengabdian waktu dan usaha, profit untuk menjalankan usaha dan membutuhkan kemampuan untuk melakukan asumsi risiko. Adapun tahapan yang harus dilalui untuk menjadi seorang entrepreneur di antaranya mengindentifikasi dan mengevaluasi kesempatan berwirausaha.

Baca Juga: Sempat Bersengketa, Tanah di Komplek Asrama Brimob jadi Milik Negara

“Yang terpenting mampu membangun rencana bisnis dari yang paling realistis, mengumpulkan sumber daya yang diperlukan dan bersiap menjalankan dan mengelola bisnis,” imbuhnya.

Dico menjelaskan ada 8 sikap yang harus dimiliki oleh entrepreneur yakni berjiwa kepemimpinan, memiliki kemampuan manajerial yang baik, mampu mengambil keputusan yang baik dan benar. Tidak hanya itu entrepreneur harus berani untuk bersaing, adaptif dan transformatif, siap dengan segala risiko, berani berinovasi dan memiliki visi ke dapan.

“Pemuda Kendal harus memiliki jiwa kepemimpinan dan terus melatih skill kewirausahaan untuk menciptakan lapangan kerja bagi yang membutuhkan. Jadikan Kendal sebagai kabupaten yang mandiri dan semakin handal,” tegas Dico.

Baca Juga: Wabah PMK Masih Mengancam di Kendal, Bhabinkamtibmas Imbau Ini ke Peternak

Ditambahkan bupati, negara disebut maju jika jumlah pengusaha ada 9 persen dari seluruh penduduk, sementara di Indonesia pengusaha yang ada masih di angka 3 persen. “Seorang pengusaha dan entrepreneur harus mempunyai jiwa jujur dan komitmen tinggi dan loyalitas. Diatas kertas semua usaha pasti menguntungkan, tetapi ada resiko yang harus dihadapi dan diketahui. Kuncinya ingin jadi pengusaha sukses harus komitmen dengan bidang yang akan dijalani,” pungkasnya.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Guru PAUD Adalah Pengabdian dan Dituntut Kreatif

Senin, 26 September 2022 | 18:42 WIB

Kaliwungu Kendal Diguyur Hujan Es, Warga Panik

Jumat, 23 September 2022 | 20:40 WIB

Nelayan Menilai ada Permainan Harga Ikan di TPI Tawang

Jumat, 23 September 2022 | 15:21 WIB

Puting Beliung Rusak 24 Rumah di Pucuksari Kendal

Kamis, 22 September 2022 | 17:54 WIB
X