Tingkatkan Capaian Booster, Pemkab Kendal Siapkan Paket Sembako

- Senin, 8 Agustus 2022 | 17:45 WIB
Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat melihat pelaksanaan vaksinasi booster di Rowosari dan memberikan paket sembako kepada warga ikut vaksin ketiga ini.  (Edi Prayitno / kontributor Kendal)
Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat melihat pelaksanaan vaksinasi booster di Rowosari dan memberikan paket sembako kepada warga ikut vaksin ketiga ini. (Edi Prayitno / kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Demi menggenjot agar capaian vaksinasi booster di Kendal meningkat, banyak cara dilakukan. Mulai dari syarat pengambilan Bantuan Langsung Tunai (BLT) hingga memancing warga untuk booster dengan iming-iming paket sembako.

Sampai akhir Juli 2022 capaian vaksin booster di Kendal masih rendah di angka 21 persen, namun ada beberapa kecamatan yang sudah di atas 45 persen. Meski tiap puskesmas tiap hari membuka layanan vaksin, namun minat masyarakat untuk melakukan vaksin booster tampaknya mulai malas.

Untuk meningkatkan warga kembali vaksin ketiga diberikan iming iming bingkisan sembako. Di kecamatan Rowosari saat ini capaian vaksin booster sudah 50 persen, bahkan untuk menarik masyarakat ikut suntik vaksin pihak dinas kesehatan maupun puskesmas menggandeng CSR dari pihak ketiga agar animo masyarakat untuk datang vaksin lebih banyak.

Baca Juga: Tradisi Berbagi Sedekah Uang di Desa Krajan Kulon Kaliwungu Saat 10 Muharram

Kepala Puskesmas Rowosari 1 Andi Setiawan mengatakan, capaian vaksin booster di Rowosari sudah mencapai 50 persen. “Sekarang masyarakat sudah banyak yang sadar pentingnya vaksin ketiga atau vaksin booster, jadi angka capaiannya meningkat,” katanya.

Andi menambahkan tiap hari puskesmas selalu membuka layanan vaksin booster, bahkan juga selalu mengadakan keliling di kelurahan maupun di tempat keramaian. “Kita jemput bola mendatangi desa-desa selain membuka pelayanan di puskesmas,” imbuhnya.

Baca Juga: Gus Tommy Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua IPSI Kendal

Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Parno mengatakan capaian di kabupaten Kendal sampai hari ini mencapai 21 persen. “Dinkes kerja sama dengan organisasi perangkat daerah sudah selalu mengingatkan agar pemberian vaksin dosis tiga digalakkan. Bahkan ada dalam pengambilan bantuan langsung tunai di desa desa juga mensyaratkan vaksin booster,” jelas Parno.

Ia berharap sampai akhir tahun 2022 ini capaian vaksin booster bisa 30 persen. Diakui saat ini kesadaran masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh masih kurang, padahal covid 19 belum hilang sehingga masih penting untuk dilaksanakan suntik vaksin booster.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kaliwungu Kendal Diguyur Hujan Es, Warga Panik

Jumat, 23 September 2022 | 20:40 WIB

Nelayan Menilai ada Permainan Harga Ikan di TPI Tawang

Jumat, 23 September 2022 | 15:21 WIB

Puting Beliung Rusak 24 Rumah di Pucuksari Kendal

Kamis, 22 September 2022 | 17:54 WIB

Warga Diimbau Tidak Bakar Jerami dekat Jalan Tol

Kamis, 22 September 2022 | 13:12 WIB

Menunggu Solar, Nelayan di Kendal Rela Tidur di SPBUN

Rabu, 21 September 2022 | 16:05 WIB

Tidak Melaut, Nelayan Bandengan Ini Bikin Boneka Dawangan

Selasa, 20 September 2022 | 16:10 WIB
X