Cenderung Turun, Bhabinkamtibmas Polsek Cepiring Tetap Waspadi PMK

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:08 WIB
Petugas Polsek Cepiring pantau hewan ternak di Pasar hewan Gondang Jumat 12 agustus 2022.  (Edi Prayitno / kontributor Kendal)
Petugas Polsek Cepiring pantau hewan ternak di Pasar hewan Gondang Jumat 12 agustus 2022. (Edi Prayitno / kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Meski penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) menunjukan penurunan namun petugas Polsek Cepiring tetap mewaspadai lonjakan kembali penyakit yang menyerang hewan ternak. Cuaca yang tidak mendukung bisa menjadi penyebab penyebaran PMK bisa kembali meningkat.

Bhabinkamtibmas Polsek Cepiring melakukan beberapa upaya pemantauan dan pencegahan dengan cara mensosialisasikan penyakit PMK kepada pedagang ternak yang berada di Pasar Hewan Gondang, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal, Jumat 12 Agustus 2022.

Kapolsek Cepiring AKP Agung Setio Nugroho mengatakan kegiatan sosialisasi serta imbauan ini dilakukan dengan tujuan mengantisipasi virus masuk ke wilayah Kecamatan Cepiring serta memastikan hewan ternak yang ada kondisi dalam kondisi sehat. Kapolsek juga meminta warga Kecamatan Cepiring khususnya peternak tidak perlu panik dengan penyakit mulut dan kuku ini.

Baca Juga: Kendal Masih Kekurangan Tenaga Kebersihan Jalan

“Agar warga masyarakat peka akan perkembangan dan cara mengatasi akan wabah penyakit PMK tersebut dengan selalu berkoordinasi dengan dokter hewan atau penyuluhan Pertanian dan Peternakan terdekat untuk memastikan kondisi hewan ternak,” katanya.

Sosialisasi dan Edukasi tentang PMK kepada pemilik ternak ini agar berpedoman Surat Edaran dari Menteri Pertanian Republik Indonesia tentang Pencegahan Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Polisi akan berkoordinasi dengan lurah atau kepala desa dan bersinergritas dengan babinsa dalam tindakan pertama apabila menemukan hewan ternak yang dicurigai terindikasi PMK untuk segera dilaporkan kepada penyuluh kesehatan hewan.

Baca Juga: Peringati HDKD ke-77, Kantor Imigrasi Kelas 1 non TPI Pemalang Gelar Ziarah dan Tabur Bunga di TMP

“Kami juga mengimbau pemilik peternakan sapi untuk waspada akan penyakit mulut dan kuku yang dapat menyerang ternak. Apabila ditemukan kasus tersebut agar segera melaporkannya”, pungkasnya.

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tungku Oven Bocor, Pabrik Kayu di Protomulyo Terbakar

Kamis, 29 September 2022 | 20:33 WIB

Ini Cara Hindari Investasi Bodong Versi MES Kendal

Kamis, 29 September 2022 | 19:18 WIB

Guru PAUD Adalah Pengabdian dan Dituntut Kreatif

Senin, 26 September 2022 | 18:42 WIB
X