Capaian Pembayaran PBB di Kendal Baru 21,92 Persen

- Senin, 15 Agustus 2022 | 20:05 WIB
Penyuluhan dan Penyebaran Kebijakan Pajak Daerah di Ruang Garuda Tirtoarum Baru Kendal, Senin 15 Agustus 2022.  (Edi Prayitno / kontributor Kendal)
Penyuluhan dan Penyebaran Kebijakan Pajak Daerah di Ruang Garuda Tirtoarum Baru Kendal, Senin 15 Agustus 2022. (Edi Prayitno / kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Pencapaian target pembayaran PBB di Kendal dinilai sangat lambat.

Pasalnya, dari jumlah total SPPT sebanyak 581.553 lembar yang sudah disebar, tetapi realisasinya sampai saat ini yang sudah mengembalikan atau sudah membayar PBB baru sebanyak 187.836 lembar atau sekitar 21,92 persen. Padahal SPPT sudah diserahkan ke seluruh desa sejak Januari dan sudah ditentukan pengembaliannya paling lambat tanggal 31 Maret 2022.

"Untuk tahun depan penyerahan SPPT akan dipercepat pada Desember tahun sebelumnya," kata Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Bapenda Kendal, Siti Asifah.

Baca Juga: Cegah Radikalisme, ini Pesan Dandim dan Bupati Kendal

Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kendal menargetkan pada awal Oktober mendatang seluruh desa di Kabupaten Kendal sudah lunas membayar Pajak Bumi dan Bangunan.

Siti Asifah dalam penyuluhan di Tirto Arum Senin 15 Agustus 2022 mengatakan, sebenarnya tidak ada alasan untuk terlambat membayar PBB, karena berbagai kemudahan sudah diberikan dalam pembayaran PBB, dengan membuka kanal-kanal atau tempat-tempat pembayaran PBB yang dekat dan mudah terjangkau, baik secara manual maupun secara digital atau secara online. Wajib pajak bisa membayar PBB melalui website, kantor pos, Bank Jateng, bahkan bisa melalui tokopedia dan Indomaret.

"Pembayaran PBB tidak hanya secara manual, tetapi sudah bisa dilakukan secara digital atau online dan banyak tempat yang dekat dan mudah terjangkau, bahkan ada hadiah undian bagi wajib pajak yang membayar tepat waktu atau paling lambat 31 Maret," tandasnya.

Baca Juga: 4 Terduga Pelaku Penganiayaan yang Tewaskan Seorang Pemuda Kendal Diamankan Polisi

Pj Sekda Kendal, Sugiono mengatakan, adanya keterlambatan bagi desa menyetorkan PBB, dikarenakan kurangnya koordinasi. Pasalnya SPPT sudah disampaikan sejak awal tahun yaitu di bulan Januari. Selain itu, sesuai fakta ada beberapa desa yang sudah lunas menyetorkan PBB.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kaliwungu Kendal Diguyur Hujan Es, Warga Panik

Jumat, 23 September 2022 | 20:40 WIB

Nelayan Menilai ada Permainan Harga Ikan di TPI Tawang

Jumat, 23 September 2022 | 15:21 WIB

Puting Beliung Rusak 24 Rumah di Pucuksari Kendal

Kamis, 22 September 2022 | 17:54 WIB

Warga Diimbau Tidak Bakar Jerami dekat Jalan Tol

Kamis, 22 September 2022 | 13:12 WIB

Menunggu Solar, Nelayan di Kendal Rela Tidur di SPBUN

Rabu, 21 September 2022 | 16:05 WIB

Tidak Melaut, Nelayan Bandengan Ini Bikin Boneka Dawangan

Selasa, 20 September 2022 | 16:10 WIB
X