Perempuan di Kendal Diajak untuk Bisa Tanggulangi dan Cegah Paham Radikal

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 16:23 WIB
Seminar Perempuan Top Optimis Viralkan Perdamaian untuk Menanggulagi Terorisme di Gedung DPRD Kendal Kamis 18 Agustus 2022.  (Edi Prayitno/kontributor Kendal)
Seminar Perempuan Top Optimis Viralkan Perdamaian untuk Menanggulagi Terorisme di Gedung DPRD Kendal Kamis 18 Agustus 2022. (Edi Prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Paham radikal menjadi ancaman terbesar bangsa Indonesia, oleh karenanya perlu peran serta semua pihak untuk bersama-sama menangkal dan mencegah paham radikal ini di masyarakat. Peran perempuan dalam upaya pencegahan paham radikal juga sangat penting mengingat kaum perempuan mempunyai sikap mencintai perdamaian.

Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Tengah Prof Dr Syamsul Maarif mengatakan perlu mensinergikan perempuan di Kabupaten Kendal untuk memviralkan perdamaian dalam upaya menanggulangi paham radikalisme. Pasalnya paham radikal ini menjadi pemicu aksi terorisme yang merupakan kejahatan kemanusiaan.

Salah satu cara melemahkan gerakan terorisme adalah, yaitu menyinari kebaikan-kebaikan dan kelembutan terhadap kelompok-kelompok mereka yang terpapar radikalisme.

Baca Juga: Gebyar Budaya Iringi Sedekah Laut Nelayan Karangsari Kendal

"Dengan menggandeng para kaum perempuan di Kabupaten Kendal, diharapkan dapat mencegah paham radikal, karena perempuan memiliki role model mencintai perdamaian," jelas Syamsul Maarif saat membuka seminar Perempuan Top Optimis Viralkan Perdamaian untuk Menanggulagi Terorisme yang digelar oleh FKPT Jawa Tengah, Kamis 18 Agustus 2022 di Gedung DPRD Kendal.

Ketua FKPT ini juga mengajak semunya untuk menjadikan momen Kemerdekaan Republik Indonesia ini menjadi sprit bersama untuk menggelorakan perdamaian untuk seluruh alam, dan Indonesia dapat terhindar dari disitegrasi dan pikiran radikalisme yang berujung pada terorisme.

Sementara Kasubdit Kerjasama Asia Pasific dan Afrika, Kolonel Harianto yang mewakili Direktur Pencegahan BNPT RI mengatakan, merujuk pada hasil survei yang dilakukan oleh BNPT tahun 2020 menyatakan ada beberapa faktor yang paling efektif dalam mereduksi potensi radikalisme.

Baca Juga: Mujib Rohmat: Pemuda Pancasila Wajib Tanamkan Jiwa Pancasila

“Di antaranya diseminasi sosial media, internalisasi kearifan lokal, perilaku kontra radikal dan pola pendidikan keluarga pada anak. Perempuan memiliki posisi sangat vital dalam keluarga dan memiliki peran strategis dalam membentengi keluarga dan masyarakat dari segala bentuk penyebaran dan ajakan kelompok radikal terorisme,” terangnya.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kaliwungu Kendal Diguyur Hujan Es, Warga Panik

Jumat, 23 September 2022 | 20:40 WIB

Nelayan Menilai ada Permainan Harga Ikan di TPI Tawang

Jumat, 23 September 2022 | 15:21 WIB

Puting Beliung Rusak 24 Rumah di Pucuksari Kendal

Kamis, 22 September 2022 | 17:54 WIB

Warga Diimbau Tidak Bakar Jerami dekat Jalan Tol

Kamis, 22 September 2022 | 13:12 WIB

Menunggu Solar, Nelayan di Kendal Rela Tidur di SPBUN

Rabu, 21 September 2022 | 16:05 WIB

Tidak Melaut, Nelayan Bandengan Ini Bikin Boneka Dawangan

Selasa, 20 September 2022 | 16:10 WIB
X