Sapi Warga Kendal Ini Terindikasi PMK

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:27 WIB
Bhabinkamtibmas Polsek Patean melaksanakan pengawasan ternak milik warga antisipasi penyebaran PMK. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Bhabinkamtibmas Polsek Patean melaksanakan pengawasan ternak milik warga antisipasi penyebaran PMK. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM - Seekor sapi milik warga Dukuh Pakeman Desa Sidodadi Kecamatan Patean terindikasi penyakit mulut dan kuku (PMK). Menurut pemilik sapi, Narso sapi yang dimiliki memang terjangkit penyakit tersebut. “Saat pemeriksan petugas memang ada indikasi terserang PMK , namun dengan pengobatan yang teratur kondisi sapi saat ini sudah berangsur pulih,”katanya Jumat 19 agustus 2022.

Dikatakan pemeriksaan rutin dilaksanakan petugas, dan meminta agar sapi yang terindikasi PMK untuk diberi obat dan vitamin dan dipisah dengan sapi lainnya. Langkah ini dilakukan agar tidak menular dan menyebar ke ternak lainnya.

Sementara itu Bhabinkamtibmas Polsek Patean terus melakukan pengawasan setelah ditemukan sapi terindikasi PMK. Bhabinkamtibmas Aipda Zumroni rutin melaksanakan sambang dan imbauan terhadap pemilik peternak sapi. Pengawasan dan pemberian imbauan terhadap peternak sapi agar peternak lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan hewan ternaknya.

Baca Juga: Yayasan Cinta Dhuafa Kendal Bagi-bagi 483 Sepatu Anak Yatim Piatu

"Kami memeriksa ternak sapi milik saudara Narso di Dukuh Pakeman Sidodadi Kecamatan Patean Kabupaten Kendal. Jumlah sapi ada 2 ekor dan sempat terindikasi PMK namun sekarang semua dalam kondisi sehat," ujarnya.

Pak bhabin selalu menekankan dengan maraknya PMK supaya menjaga kebersihan kandang, dan selalu memperhatikan kondisi kesehatan sapi. Segera melaporkan apabila mendapati sapi dengan gejala sakit di mulut dengan mengeluarkan busa dan tidak mau makan kepada mantri hewan dinas peternakan terkait.

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Guru PAUD Adalah Pengabdian dan Dituntut Kreatif

Senin, 26 September 2022 | 18:42 WIB

Kaliwungu Kendal Diguyur Hujan Es, Warga Panik

Jumat, 23 September 2022 | 20:40 WIB

Nelayan Menilai ada Permainan Harga Ikan di TPI Tawang

Jumat, 23 September 2022 | 15:21 WIB

Puting Beliung Rusak 24 Rumah di Pucuksari Kendal

Kamis, 22 September 2022 | 17:54 WIB

Warga Diimbau Tidak Bakar Jerami dekat Jalan Tol

Kamis, 22 September 2022 | 13:12 WIB

Menunggu Solar, Nelayan di Kendal Rela Tidur di SPBUN

Rabu, 21 September 2022 | 16:05 WIB
X