Demi Transparansi, Tes Tertulis Seleksi Panwaslucam di Kendal Dihilangkan

- Rabu, 21 September 2022 | 16:17 WIB
Pendaftaran calon anggota Panwaslucam di Kantor Bawaslu Kendal mulai Rabu 21 September 2022.  (Edi Prayitno / kontributor Kendal))
Pendaftaran calon anggota Panwaslucam di Kantor Bawaslu Kendal mulai Rabu 21 September 2022. (Edi Prayitno / kontributor Kendal))

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kendal mulai membuka pendaftaran calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam). Pendaftaran dimulai Rabu 21 September 2022 hingga tanggal 27 September mendatang.

Ada yang berbeda dengan seleksi sebelumnya, dalam seleksi nantinya tidak lagi ada tes tulis alias akan dihilangkan seleksi tes tertulis.

“Sebagai gantinya kami gunakan computer assisted test (CAT) dan nantinya kalau tes CAT lolos diambil enam besar untuk selanjutnya mengikuti tes wawancara dan akan diambil tiga orang,” terang Ketua Bawaslu Kendal Odilia Amy Wardayani, Rabu 21 September 2022.

Baca Juga: Perkiraan Harga dan Spesifikasi Oppo A77s, Murah dan Spek Tinggi atau Andalkan Genjutsu?

Dengan demikian hasilnya lebih transparan, enam peserta dengan nilai tertinggi hasil CAT dari tiap kecamatan akan berlanjut ke tes wawancara. Dikatakan seleksi ini berdasarkan keputusan ketua bawaslu ri nomor 314/hk.01.00/k.1/09/2022 tentang pedoman pembentukan panitia pengawas pemilu kecamatan dalam pemilu serentak tahun 2024.

Odilia menambahkan ada sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi untuk menjadi Panwaslucam, yakni harus warga ber-KTP Kendal, bukan anggota partai politik, paling rendah berusia 25 tahun, minimal lulusan SMA dan jika PNS harus ada izin dari atasan.

“Pendaftar bisa mengirimkan berkas langsung ke kantor Bawaslu, setiap kecamatan di butuhkan tiga orang panwaslu,” imbuhnya.

Baca Juga: Beberkan Masa Depan Taisei Marukawa, Yoyok: Bisa Sampai 2025

sementara salah satu pelamar, Pratiknyo mengatakan sebagai warga negara ingin mengabdikan diri dalam pengawasan pesta demokrasi serentak tahun 2024 mendatang.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X