Pohon Tumbang dan 36 Rumah Rusak Terdampak Hujan Es yang Terjadi di Kendal

- Sabtu, 24 September 2022 | 19:43 WIB
Petugas BPBD Kendal melakukan pembersihkan batang pohon yang tumbang akibat hujan deras disertai es Sabtu 24 september 2022. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Petugas BPBD Kendal melakukan pembersihkan batang pohon yang tumbang akibat hujan deras disertai es Sabtu 24 september 2022. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL,AYOSEMARANG.COM - - Hujan deras disertai angin kencang dan butiran es yang terjadi Jumat 23 september 2022 malam mengakibatkan puluhan pohon tumbang dan 36 rumah rusak.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal menyebutkan pohon tumbang akibat angin kencang disertai hujan es terjadi di enam kecamatan yakni Kaliwungu, Ngampel, Patebon, Kota Kendal,Cepiring dan Pegandon.

Kepala BPBD Kendal Sigit Sulistyo, upaya pembersihan dilakukan sejak jumat malam hingga Sabtu 24 september 2022 siang.

“Di Desa Sukomulyo Kaliwungu Selatan pohon tumbang menutup akses jalan begitu pula di Desa Putatgede depan BRI Ngampel dan di Desa Purwokerto, Kecamatan Patebon ada pohon tumbang di SMP Negeri 3 Patebon,” ujar Sigit saat dihubungi Sabtu 24 september 2022.

Dikatakan pohon tumbang juga terjadi di Kelurahan Sukodono Kendal, Desa Juwiring, Kecamatan Cepiring dan Desa Karangmulyo ada 5 titik pohon tumbang.

“Untuk di Desa Karangmulyo juga merusak rumah warga. Tercatat ada 22 rumah rusak ringan dan petugas sudah melakukan pembersihan puing rumah yang rusak ataupun pohon yang tumbang,” imbuhnya.

Sigit menambahkan kerusakan rumah akibat hujan deras juga ada di Desa Dempelrejo, Kecamatan Ngampel sebanyak 12 rumah mengalami rusak ringan. Sementara di Desa Banyuurip Ngampel ada 2 rumah mengalami rusak ringan.

“Saat kejadian memang ada kendala karena listrik padam sehingga menyulitkan petugas yang melakukan pemotongan pohon yang tumbang. Namun semuanya bisa diatasi dan kondisi jalan yang tertutup pohon sudah bisa dilalui," terang Sigit.

Tim Satgas PB yang melakukan pemotongan dan pembersihan pohon rungkat harus kerja keras karena lokasinya berbeda-beda.

Halaman:

Editor: Oriza Shavira Arifina

Tags

Terkini

X