Guru PAUD Adalah Pengabdian dan Dituntut Kreatif

- Senin, 26 September 2022 | 18:42 WIB
Usaha sampingan guru PAUD di Kendal dalam pameran produk UMKM di Stadion Utama Kebondalem Senin 26 September 2022.  (Edi Prayitno/kontributor Kendal)
Usaha sampingan guru PAUD di Kendal dalam pameran produk UMKM di Stadion Utama Kebondalem Senin 26 September 2022. (Edi Prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM - Menjadi guru Paud adalah pengabdian, karena tidak mengharapkan gaji yang besar.

Oleh karena itu, guru Paud dituntut kreatif untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya menjadi pelaku UMKM yang bisa diawali dengan modal yang ada.

Vera Damayanti misalnya, guru Paud di Kelompok Bermain Bina Anak Soleh, Desa Tabet, Kecamatan Limbangan yang menekuni bisnis bunga anggrek dan tanaman hias. Bermula dari hobi menanam anggrek di rumah, akhirnya dijadikan bisnis yang cukup menjanjikan, bahkan memiliki karyawan dengan gaji UMR. Usaha yang sudah berjalan empat tahun itu pun terus berkembang dengan menerima pembuatan taman dan lainnya.

Baca Juga: Demplot Cabai di Batang Panen, PJ Bupati: Upaya Mengendalikan Inflasi

"Memang gaji guru Paud itu tidak menentu, tetapi alhamdulillah, mungkin berkat doa dari para orang tua wali murid dan anak-anak, sehingga rezekinya selalu adam" ujarnya dalam puncak peringatan HUT ke-17 Himpaudi tingkat Kabupaten Kendal tahun 2022 di Stadion Kebondalem, Senin 26 September 2022.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Paud dan Pendidikan Nonformal Disdikbud Kendal, Joko Supratikno mengatakan, perhatian Pemda Kendal untuk meningkatkan kesejahteraan guru Paud, di antaranya memberikan dana hibah. Di tahun 2022 ini, tiap guru Paud mendapatkan bantuan dari Pemkab Kendal sebesar Rp 2.400.000 setahun.

Untuk tahun 2023 mendatang, bantuan untuk guru Paud akan ditingkatkan lagi. Pihaknya mendorong kepada para guru Paud supaya berkarya di sela-sela kegiatan mengajar, untuk meningkatkan ekonomi keluarga dengan menekuni UMKM.

Baca Juga: Ini Hasil Operasi Sikat Jaran Polres Kendal, Satu Tersangka Wanita

"Tadi disampaikan oleh Bupati, bantuan untuk kesejahteraan guru Paud pada tahun 2023 akan ditingkatkan lagi," katanya.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X