Intip 4 Tradisi Unik Masyarakat Kabupaten Semarang, Ada Tradisi Perang Lumpur Loh!

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 00:02 WIB
Tradisi Iriban, Desa Wisata Lerep menjadi salah satu tradisi unik masyarakat Kabupaten Semarang   (instagram.com/desawisatalerep))
Tradisi Iriban, Desa Wisata Lerep menjadi salah satu tradisi unik masyarakat Kabupaten Semarang (instagram.com/desawisatalerep))

AYOSEMARANG.COM – Semarang sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, dikenal dengan berbagai destinasi wisata maupun kulinernya yang cukup menarik.

Namun, berbicara mengenai budaya, kota ini juga kaya akan tradisi atau adat istiadat yang masih mengakar kuat di masyarakatnya, terutama mereka yang bertempat tinggal di daerah kabupaten. 

Setiap tradisi yang ada tersebut memiliki keunikannya masing-masing. Keunikannya juga dapat menjadi penanda identitas suatu wilayah tersebut.

Lalu, apa saja tradisi unik yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Semarang? Berikut rangkumannya diolah dari berbagai sumber.

Baca Juga: Mudah Banget! Cegah Hama Tanaman Pakai 2 Pestisida Alami dari Bahan Sekitar!

1. Tradisi Iriban

Berasal dari kata ‘irib-irib’ yang berarti ngurip-urip, Iriban ini berkaitan langsung dengan air yang menjadi sumber kehidupan manusia. Tradisi ini merupakan tradisi yang dilakukan untuk merawat maupun melestarikan sumber mata air di desa setempat.

Untuk melihat tradisi ini, kita dapat berkunjung ke masyarakat Kabupaten Semarang, tepatnya di Desa Lerep. 

Dilaksanakan setiap memasuki bulan Safar, tradisi ini bertujuan agar para petani bisa mendapatkan hasil bumi yang baik.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X