Pemkab Siapkan Rp5 Miliar untuk Atasi Inflasi di Kabupaten Kendal

- Selasa, 18 Oktober 2022 | 19:54 WIB
Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyebutkan telah menyiapkan anggaran Rp5 miliar untuk atasi inflasi  (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)
Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyebutkan telah menyiapkan anggaran Rp5 miliar untuk atasi inflasi (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM - Mengatasi inflasi, Pemerintah Kabupaten Kendal menyiapkan anggaran sebesar Rp 5 miliar.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, dana untuk mengatasi inflasi diambil dari APBD Kendal. "Dana Rp 5 miliar itu dua persen dari APBD," katanya.

Bupati menambahkan, dalam mengatasi inflasi tidak mengandalkan dengan anggaran yang ada, tetapi lebih pada program-program inovatif untuk menjaga inflasi. Pasalnya jika hanya mengandalkan anggaran, tentunya dana yang ada tidak akan mencukupi.

Baca Juga: Makin Banyak Rokok Ilegal, Penerimaan Cukai Turun

"Program-program ke depan harus terkait untuk menjaga inflasi di Kabupaten Kendal," ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Kendal mengatakan, pihaknya telah menyiapkan program jangka pendek, menengah dan panjang terkait dengan permasalahan inflasi. Program jangka pendek, dengan melakukan operasi pasar untuk menjaga stabilitas harga.

Program jangka menengah, menjaga ketahanan pangan yang tidak hanya memanfaatkan lahan sawah, tetapi memanfaatkan pekarangan atau halaman rumah agar menghasilkan.

Baca Juga: Inilah Sosok Mesya Thalib, Kakak Ipar Taqy Malik yang Diisukan Jadi Istri Muda Petinggi Polisi

"Program jangka panjang, menjaga harga panen agar stabil dan menyiapkan teknologi agar bisa mengurangi beban petani, sehingga inflasi bisa terkontrol," imbuhnya,

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X