Kabar Baik! DPRD Kendal Luncurkan Aplikasi Suara Mas, Permudah Layanan Aspirasi Masyarakat

- Minggu, 30 Oktober 2022 | 21:11 WIB
Peluncuran aplikasi Suara Mas oleh Sekretariat DPRD Kendal.  (Dok)
Peluncuran aplikasi Suara Mas oleh Sekretariat DPRD Kendal. (Dok)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM – Penyerapan aspirasi merupakan salah satu instrumen anggota DPRD dalam menjalankan fungsinya sebagai wakil rakyat. Kegiatan ini lazim dilakukan para anggota dewan pada masa reses dengan mengunjungi kontituen di daerah pemilihannya.

Untuk mengoptimalkan kegiatan serap aspirasi tersebut, DPRD Kendal baru-baru ini meluncurkan Suara Mas. Aplikasi ini sekarang sudah bisa diakses melalui website DPRD Kendal.

Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun mengatakan, kemajuan teknologi telah mengubah cara masyarakat berinteraksi dan bersosialisasi. Menurutnya hal ini perlu direspon secara positif untuk mendukung kinerja aparatur penyelenggara pemerintahan.

Baca Juga: Dari Pagi Sampai Jelang Jam Tutup, Mal Ciputra Dipadati Beragam Cosplay

“Diluncurkannya Suara Mas ini sebagai salah satu wujud komitmen kami untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Melalui kanal ini, masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya secara online,” kata Makmun.

Selain untuk memudahkan penyampaian aspirasi masyarakat, menurut Makmun peluncuran Suara Mas untuk mendukung tata kelola pemerintahan yang lebih akuntabel dan lebih responsif dengan berbasis digital.

Suara Mas ini juga sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk mengembangkan e-government yakni layanan pemerintahan berbasis digital,” terang Ketua Dewan yang saat ini tengah melakukan penelitian penerapan e-government di lingkungan Pemkab Kendal untuk studi magisternya di bidang Politik Digital tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Penularan Virus TBC Tuberkulosis, No 5 Ibu Hamil Wajib Tahu

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kendal, Anwar Haryono selaku penggagas Suara Mas menyampaikan idenya ini dilatarbelakangi keinginan untuk mendukung kinerja DPRD Kendal agar lebih optimal di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X