Wujudkan Pendidikan Berkualitas, Unika Jadi Host dalam Eaccess Erasmus Uni Eropa

- Jumat, 4 November 2022 | 14:36 WIB
Unika Soegijapranata menjadk host dalam Eaccess Erasmus Uni Eropa. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
Unika Soegijapranata menjadk host dalam Eaccess Erasmus Uni Eropa. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

GAJAHMUNGKUR, AYOSEMARANG.COM - Unika Soegijapranata Semarang (SCU) berupaya meningkatkan kapasitas pada pendidikan tinggi dengan ikut tergabung dalam dalam proyek eACCESS dari Erasmus Uni Eropa.

eACCESS program yang berfokus dalam peningkatan kapasitas di bidang pendidikan tinggi.

Unika Soegijapranata (SCU) menjadi host setelah melakukan meeting kedua negara seperti Nepal, Polandia dan tahun 2022 ini ke Indonesia dan Unika menjadi host.

Dekan Fakultas Teknik Unika, Dr. Ir. Florentinus Budi Setiawan M.T. sekaligus host kolaborasi ini menuturkan kegiatan program ini berfokus kepada masalah pendidikan tinggi dengan diadakannya mobility dan capacity building untuk meningkatkan kemampuan dari masing-masing perwakilan dari Universitas untuk menambah wawasan terkait bagaimana cara pengajaran ataupun untuk riset.

"Kegiatan yang dilakukan dalam proyek bersama eACCESS dari Erasmus ini merupakan konsorsium mengenai renewable energy yang merupakan energi terbarukan yang berasal dari sumber alamiah," ungkapnya.

Kemudian dalam proyek ini Unika Soegijapranata (Indonesia) sebagai partner bersama dengan Kantipur Engineering College (Nepal), Pokhara University (Nepal), Royal University of Bhutan (Bhutan), Unika Atmajaya Jakarta (Indonesia) sebagai Asian partner.

Sedangkan Technology University of Lodz (Poland) sebagai host bersama University of West Scotland (Inggris) dan Aristotle University Thessaloniki (Yunani) sebagai Europe partner.

“Ini semacam pertemuan meeting di beberapa negara. Kita ini konsorsium eACCESS dibiayai oleh Erasmus Uni Eropa. Unika Soegijapranata mendapatkan giliran menjadi host. Semestinya kegiatan ini sudah dilakukan sejak tahun 2020 dikarenakan pandemic dan jadwalnya dipadatkan di tahun ini (2022). Kita ini sudah meeting tiga kali pertama di Nepal, Polandia dan tahun ini Semarang, Indonesia,” terang.

Selain itu, Budi Setiawan juga menyatakan bahwa konsorsium eACCESS ini berfokus kepada renewable energy terkait melakukan perbaikan dalam bidang pendidikan, kemudian bagaimana pengajarannya, perbaikan di laboratorium, dan penyamaan terkait platform sehingga setara dan bisa share untuk belajar satu sama lain.

Halaman:

Editor: Oriza Shavira Arifina

Tags

Terkini

X