Unika Semarang Gelar Kuliah Umum, Branding Kuliner Kota Solo Jadi Topik Bahasan

- Rabu, 9 November 2022 | 12:59 WIB
Kuliah umum Unika Semarang dengan menghadirkan praktisi umkm dari Kota Solo. (Unika)
Kuliah umum Unika Semarang dengan menghadirkan praktisi umkm dari Kota Solo. (Unika)

SEMARANGTENGAH, AYOSEMARANG.COM - Unika Semarang menggelar Kuliah Umum dari penelitian tim Kedaireka di Hotel Aston Inn, Selasa 9 November 2022.

Kuliah umum oleh Unika Semarang ini "Pengembangan Identitas Kota Solo sebagai Kota Pariwisata melalui Peningkatan Kualitas Kuliner".

Dalam menghadirkan kuliah umum, tim peneliti Unika Semarang menghadirkan sejumlah praktisi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) atau Forum UMKM Surakarta.

Adapun narasumber yang dihadirkan adalah Harijanto, Sugiharto, dan Laurinsia Liona Swandito (Pelaku UMKM) serta Anthony Novianus Suryono, selaku Ketua Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual.

Louis Cahyo Kumolo Buntaran SDs MM mewakili peneliti menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian dari program Matching Fung Kedaireka 2022 yang didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek

"Ada 3 jurusan yang terlibat dalam kuluah ini yakni Teknologi Pangan, Teknik Lingkungan dan DKV. Jadi kuliner untuk teknologi pangan kemudian City branding untuk Teknik Lingkungan dan
Branding bisa masuk ke DKV," ungkapnya.

Cahyo pun menambahkan, adanya narasumber dari pihak di luar kampus agar para mahasiwa bisa banyak belajar dari orang luar.

Pasalnya dia menilai, pelaku langsung tentunya punya pengalaman berbeda yang tidak semua mahasiswa temui di kampus.

"Kami harap mereka bisa menularkan berbagai pengalaman menariknya agar menjadi ilmu yang berguna untuk kami," katanya.

Kemudian dari kuliah umum ini, nantinya tim peneliti akan merumuskan ke sebuah materi sebagai bentuk dari luaran hasil peneliti.

"Kami berharap materi yang dipaparkan narasumber bisa dipraktikkan oleh mahasiswa, karena didasarkan pada studi kasus," jelasnya.

Sementara Agnes Indah Sucianti Kristianti bagian dari peneliti menuturkan kuliner Kota Solo dipilih karena topik itu punya banyak aspek penting untuk dipelajari.

"Solo itu setiap waktu baik pagi, siang maupun sore selalu punya kuliner khasnya masing-masing. Kemudian orang kalau ditanya tentang Solo pasti jawabnya adalah di bagian kulinernya. Ini yang jadi inspirasi bagi kami dan terdorong untuk menelitinya," ungkapnya.

Agnes juga mengungkapkan, dalam meneliti topik ini, dia dan tim rela mencicipi berbagai kuliner Kota Solo.

Halaman:

Editor: Oriza Shavira Arifina

Tags

Terkini

X