Hendrar Prihadi Dorong Pemkab Kendal Gunakan e-Katalog

- Jumat, 18 November 2022 | 18:46 WIB
Kunjungan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) RI, Hendrar Prihadi ke Kendal Jumat 18 November 2022.  (Edi Prayitno/kontributor Kendal)
Kunjungan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) RI, Hendrar Prihadi ke Kendal Jumat 18 November 2022. (Edi Prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Perkembangan teknologi menuntut inovasi yang sejalan dengan kemajuan yang ada. Seperti halnya di bidang pengadaan barang dan jasa, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) RI, Hendrar Prihadi mendorong kepada daerah untuk memaksimalkan e-Katalog, baik e-Katalog nasional atau pun katalog lokal.

Dengan e-Katalog ini akan membuat proses lebih cepat dan efesien dibandingkan dengan pengadaan barang melalui lelang.

"Kami mendorong pemerintah daerah agar memaksimalkan penggunaan e-Katalog dalam pengadaan barang dan jasa. Ini penting sekali, karena dengan e-Katalog, waktu jadi lebih efisien, tapi kalau proses pelelangan kan sampai 45 hari. Maka perlu dijelaskan lebih detail, karena dari kunjungan ke beberapa daerah lain, umumnya ada yang belum paham secara detail," jelasnya saat kunjungan ke Pemkab Kendal Jumat 18 November 2022.

Baca Juga: Warga Meteseh Pertanyakan Komitmen DPRD Jateng Selesaikan Kasus pencemaran lingkungan

Pemerintah juga mendorong pemakaian produk dalam dan produk lokal daerah, karena akan membangkitkan perekonomian daerah. Dampaknya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah. Oleh karena produk lokal dan UMKM didorong bisa tayang di e-Katalog.

"Kami juga mendorong di Kabupaten Kendal supaya ada peningkatan pemakaian produk lokal lewat e-Katalog lokal maupun proses pengadaan lewat e-Katalog nasional supaya penyerapan APBD di Kendal menjadi lebih cepat," imbuh Hendrar yang pernah menjabat Wali Kota Semarang.

Sementara Bupati Kendal Dico M Ganinduto ikut mendorong pengadaan barang melalui e-Katalog terus ditingkatkan. Selain itu, agar penyerapan produk dalam negeri, khususnya produk lokal bisa lebih tinggi lagi.

Baca Juga: Didesak Soal Pembangunan Pasar Weleri, Ini Jawaban Ketua DPRD Kendal

"Kami terus mendorong terhadap dukungan aplikasi e-Katalog berbasis Android untuk bisa membantu para pelaku UMKM yang tidak memiliki sarana terhadap akses komputer, jadi terus dikembangkan supaya lebih jika berbasis Android," ujarnya.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X