Demi Kebaikan Petani, Penerima PKH Ini Hibahkan Lahan untuk Embung di Kalibareng

- Selasa, 22 November 2022 | 18:14 WIB
Subari bersama Kepala Desa Kalibareng Suhartoyo berbincang di rumahnya. (Edi Prayitno/kontributor Kendal)
Subari bersama Kepala Desa Kalibareng Suhartoyo berbincang di rumahnya. (Edi Prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Berawal dari niat membantu petani di Desa Kalibareng dan sekitarnya yang kesulitan mendapatkan air di musim kemarau, Subari warga Desa Kalibareng Kecamatan Patean Kendal ini menghibahkan lahan yang dimilikinya untuk dibangun embung.

Penerima bantuan PKH ini mengaku tidak mempermasalahkan lahan yang berada sekitar 500 meter dari rumahnya dijadikan embung.

Keinginan mendirikan embung dilontarkan saat petani lainnya juga mendukung dan menyampaikan kepada Kepala Desa Kalibareng.

Baca Juga: Soal Pungli di Sekolah, Bupati Kendal Dico Minta Pahami Aturan yang Ada

“Kalau saya beli tahan tersebut sekitar tahun 1990 an harganya Rp 40 juta luasnya kurang tahu berapa,” katanya saat ditemui di kediamannya Selasa 22 November 2022.

Namun demikian yang dihibahkan untuk dijadikan embung kurang lebih 1.800 meter persegi. Menurutnya saat itu pengajuan untuk dibangun embung ada ketentuan lahan yang harus disiapkan.

“Tapi kalau misalnya masih kurang saya tidak masalah sisanya yang ada dibangun lagi,” imbuhnya.

Subari rela melepas lahan miliknya yang sebelumnya menjadi kebun yang ditanami sayuran ini karena prihatin dengan kondisi tanah pertanian di desanya yang tandus karena kekurangan air. Sementara itu, jika musim hujan, airnya melimpah dan menggenangi tanah pertanian.

Baca Juga: Prihatin Miras Dijual Bebas di Gambilangu, DPRD Kendal Minta Satpol PP Bertindak

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X