Saatnya Produk SMK Berbasis Pesantren Punya Daya Saing

- Senin, 28 November 2022 | 14:07 WIB
Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengunjungi stand di expo SMK pusat keunggulan berbasis pesantren di Ponpes Manbaul Hikmah Kaliwungu. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengunjungi stand di expo SMK pusat keunggulan berbasis pesantren di Ponpes Manbaul Hikmah Kaliwungu. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL,AYOSEMARANG.COM - - Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal mengangkat perekonomian di lingkungan pesantren terus dilakukan.

Sebelumnya melalui bazar satu pesantren satu produk saat Hari Santri Nasional mampu membangkitkan kreativitas santri.

Kini dengan bermunculannya sekolah vokasi di lingkungan pondok pesantren, Pemkab Kendal terus mendorong agar produk yang dihasilkan dari SMK berbasis pesantren ini menciptakan produk yang mampu bersaing dengan produk dari luar.

“Kegiatan expo SMK pusat unggulan berbasis pesantren yang dilaksanakan di Ponpes Manbaul Hikmah merupakan miniatur Kendal expo yang sudah dilaksanakan. Namun ini fokus pada produk SMK berbasis pesantren di Jawa Tengah,” katanya.

Dikatakan dengan karya dan produk siswa SMK berbasis pesantren ini akan menjadi sumber daya unggulan yang dimiliki pondok pesantren itu sendiri.

Bupati berharap dengan expo ini akan menjadikan persaingan sehat antar pesantren dan bisa mewujudkan SMK yang mempunyai daya saing sehingga produknya bisa berkembang lagi.

Expo SMK Pusat Unggulan Komunitas SMK berbasis pesantren yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Manbaul Hikmah Kaliwungu menunjukan bahwa karya siswa yang juga santri ini bisa disejajarkan dengan produk lainnya.

Ada 47 SMK berbasis pesantren di Jawa Tengah yang ikut dalam Expo SMK Pusat Unggulan ini.

Pengasuh Ponpes Manbaul Hikmah Bassyarahman mengatakan, expo ini bagian dari pameran produk SMK berbasis pesantren se-Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Terkini

X