Dirumah-pun Ibu Rumah Tangga Bisa Produktif dan Menghasilkan

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:45 WIB
Bazar UMKM memperingati Hari Ibu yang dilaksanakan di Stadion Kebondalem Sabtu 3 Desember 2022. (Edi Prayitno/ kontributor Kendal)
Bazar UMKM memperingati Hari Ibu yang dilaksanakan di Stadion Kebondalem Sabtu 3 Desember 2022. (Edi Prayitno/ kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM - - Meski dirumah sebagai ibu rumah tangga, namun jika ada kemauan dan kreativitas maka bisa menghasilkan. Hasil produk ibu rumah tangga ini digelar dalam sebuah bazar UMKM yang dilaksanakan Sabtu 3 Desember 2022.

Bazar yang dilaksanakan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kendal di Stadion Utama Kendal menyongsong Peringatan Hari Ibu yang diperingati tiap tanggal 22 Desember. Bazar UMKM diikuti 40 stand dari berbagai kelompok organisasi wanita, seperti Persit, Bhayangkari, Muslimat, Fatayat, Kosgoro dan lainnya.

Bazar UMKM ini membuktikan bahwa para ibu rumah tangga di rumah pun tetap bisa produktif. Sehingga tidak ada ada istilah menganggur, bagi ibu-ibu rumah tangga di rumah. Pasalnya di rumah pun para ibu bisa melakukan sesuatu yang produktif.

Cici Sri Winarti, anggota Ikatan Wanita Pengusaha (Iwapi) Kendal mengatakan sudah tidak zamannya lagi, para ibu rumah tangga, hanya mengurus rumah tangga. Ibu-ibu sebaiknya punya usaha sampingan, karena di rumah pun, ibu-ibu bisa sambil berjualan, yang juga bisa kerjakan secara online. Ibu-ibu di rumah, juga bisa budidaya tanaman produktif untuk ketahanan pangan, seperti cabai, terong, tomat dan lainnya.

Tidak harus memiliki pekarangan atau halaman yang luas, tetapi bisa menanam dengan media pot atau polybag. "Tidak ada istilah nganggur, karena banyak hal yang bisa dilakukan kok, bisa jualan atau menanam tanaman yang bermanfaat dan bisa dikonsumsi," katanya.

Mutmainah, Koordinator Bazar UMKM mengatakan, Bazar UMKM digelar untuk menggairahkan kembali para pelaku UMKM, yang sempat terpuruk, ketika masa pandemi Covid-19. Para pelaku UMKM harus bangkit, sehingga UMKM makin berkembang. Ibu rumah tangga juga harus kreatif, tidak harus berjualan, tetapi bisa memanfaatkan waktu luang untuk budidaya tanaman produktif untuk ketahanan pangan.

Dengan demikian akan terhindar dari resesi ekonomi. "Harapannya para UMKM bisa maju, sehingga di era yang sulit ini tetap bisa berkembang dan terhindar dari resesi ekonomi," ujarnya.

Kegiatan Bazar UMKM diramaikan dengan hiburan musik dangdut dan bakti sosial donor darah.

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X