Wujud Nilai Kebangsaan di Kampung Pancasila Tejorejo Kecamatan Ringinarum

- Rabu, 7 Desember 2022 | 17:58 WIB
Pemaparan nilai pancasila di Kampung Pancasila Desa Tejorejo Ringinarum, Rabu 7 Desember 2022. (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)
Pemaparan nilai pancasila di Kampung Pancasila Desa Tejorejo Ringinarum, Rabu 7 Desember 2022. (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Kampung Pancasila merupakan julukan untuk desa yang dijadikan sebagai implementasi dari nilai-nilai Pancasila. Selain itu, juga sebagai contoh dalam penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Penggagas Kampung Pancasila Desa Tejorejo, Kecamatan Ringinarum, Amir mengatakan, warga Kampung Pancasila hendaknya memahami empat pilar kebangsaan Indonesia.

"Kampung Pancasila ini menjadi inspirasi dan contoh kampung lain untuk menegakan nilai Pancasila," katanya saat sosialisasi empat pilar anggota MPR RI Mujib Rohmat Rabu 7 Desember 2022.

Baca Juga: Usung Kamera Selfie 32MP dan RAM 8GB, Oppo Reno6 5G Akan Update Android 13, Harga Turun Makin Murah!

Dikatakan, tujuan dibentuknya Kampung Pancasila untuk menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas.

Tidak hanya itu, tujuan lainnya adalah menumbuhkan kerukunan antarmasyarakat di Kampung Pancasila, karena penduduknya beragam.

Kampung Pancasila juga menanamkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika dan menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila. Yang terpenting, menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pemimpin bangsa yang telah berhasil menggali dan merumuskan Pancasila sebagai dasar negara,” jelas Amir.

Sementara itu, Mujib Rohmat menyampaikan bahwa Kampung Pancasila yang digagas warga Tejorejo menjadi wujud nilai kebangsaan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi HP 1 Jutaan Terbaik Desember 2022, Terbaru di Indonesia, Ada Redmi A1 hingga POCO C40

Halaman:

Editor: Rahma Rizky Wardani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X