Bencana Masih Intai Kendal, Bupati Dico: SOP Penanganan dan Penyaluran Bantuan Bencana Perlu Diperbaiki

- Selasa, 24 Januari 2023 | 18:59 WIB
Rapat Koordinasi Pengamanan Wilayah Antisipasi Cuaca Ekstrim di ruang Ngesti Widhi Selasa 24 januari 2023. (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)
Rapat Koordinasi Pengamanan Wilayah Antisipasi Cuaca Ekstrim di ruang Ngesti Widhi Selasa 24 januari 2023. (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Berdasarkan informasi prakiraan cuaca dari BMKG, cuaca ekstrim akan terjadi hingga akhir bulan Februari 2023 mendatang.

Kewaspadaan bencana tetap menjadi perhatian semua pihak, mengingat Kendal memiliki potensi bencana baik air pasang, banjir, dan tanah longor.

“Kita sekarang memasuki musim penghujan. Kewaspadaan dan kesiagaan perlu untuk dikedepankan dalam menghadapi potensi bencana. Karena letak Kabupaten Kendal yang memiliki potensi bencana banjir, baik itu air pasang atau rob, luapan sungai, maupun banjir bandang,” ujar Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat Rapat Koordinasi Pengamanan Wilayah Antisipasi Cuaca Ekstrim, Selasa 24 Januari 2023.

Baca Juga: Intip Spesifikasi 3 HP Samsung Galaxy A Terbaru Tahun 2023, Salah Satunya Sudah Masuk Indonesia Lho!

Bupati juga meminta untuk mengakomodir semua antisipasi dan juga pendistribusian bantuan. Ia turut menyampaikan untuk kembali membenahi Standar Operasional Prosedur (SOP) agar tidak ada tumpang tindih dan dapat melakukan pendistribusian secara merata.

SOP perlu kita benahi. Kemarin saat bencana banjir melanda Kendal, sudah cukup baik menanganinya. Namun tetap kita sempat melakukan evaluasi yang tentu ke depan akan kita benahi dengan melibatkan beberapa daerah yang tidak masuk rawan bencana untuk ikut andil membantu, termasuk SOP teknis yang akan dibentuk dalam satgas penanganan bencana,” jelasnya.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal selama 2022 telah terjadi bencana alam di 66 lokasi dengan rincian 13 pohon tumbang, tanah longsor dan banjir di 29 desa dengan ketinggian air 30-150 cm.

Selain membahas antisipasi bencana, bupati juga menyampaikan beberapa poin hasil Rakornas yang diselenggarakan di Sentul.

Baca Juga: FULL Lirik Lagu Aiya Susanti dan Mei Mei Kartun Upin Ipin Judul Aiya Cik Siti by P Ramlee yang Viral TikTok

Halaman:

Editor: Rahma Rizky Wardani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X