Setelah Jokowi Larang Para Pejabat Pamer Kekayaan, Kini MenPANRB Imbau ASN Hidup Sederhana

- Kamis, 16 Maret 2023 | 17:54 WIB
MenPANRB Abdullah Azwar Anas (menpan.go.id)
MenPANRB Abdullah Azwar Anas (menpan.go.id)

AYOSEMARANG.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Abdullah Azwar Anas mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar hidup sederhana dan tidak pamer harta.

Hal tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Kamis 2 Maret 2023.

"Presiden sudah jelas memberikan arahan soal hidup sederhana dan tidak pamer harta dan kita mengeluarkan imbauan kembali ke pimpinan daerah untuk tidak pamer harta dan hidup sederhana," kata MenpanRB pada Kamis 16 Maret 2023 sebagaimana dikutip Moots.suara.com.

Baca Juga: Piye Jal! Gibran Kepergok Pakai Jam Tangan Mewah, Padahal Jokowi Larang Pejabat Pamer Kekayaan

MenpanRB menambahkan para pejabat seharusnya tetap mencerminkan kesederhanaan dan memberikan teladan yang baik bagi bawahannya dan masyarakat.

Untuk diketahui, sebelumnya Jokowi melarang para pejabat memamerkan kekuasaan dan kekayaan terutama di media sosial.

"Jangan pamer kekuasaan, jangan pamer kekayaan, apalagi sampai dipajang-pajang di IG, di media sosial, itu sebuah, kalau aparat birokrasi, sangat-sangat tidak pantas," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, tindakan itu dapat membuat rakyat kecewa, terlebih jika pelayanan publik untuk masyarakat belum optimal.

Baca Juga: THR 2023 dan Gaji ke 13 Kapan Cair? Ketentuan THR, ASN, PNS, dan Pensiunan Bersiaplah Rekening Banjir Cuan

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin juga menegaskan sikap ASN yang memamerkan gaya hidup mewah dapat menyebabkan hilangnya kepercayaan publik.

"Jangan sampai ada ketidakpercayaan masyarakat terutama mereka yang membayar pajak kepada pemerintah, kemudian mereka wah," kata Ma'ruf Amin.

"Mereka menjadi ada ketidakpercayaan karena pajak yang dibayarkan digunakan oleh orang per orang. Saya kira itu penting," lanjutnya.

Menurut Ma'ruf Amin, penerapan gaya hidup sederhana penting untuk di semua tingkat kehidupan masyarakat sehingga tidak menimbulkan kesenjangan sosial di tengah masyarakat.

Wapres berpesan, untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Halaman:

Editor: Ica Agustin

Sumber: moots.suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X