PMI dan KOICA Ajari Anak-anak Tentang Kesiapsiagaan Bencana

- Minggu, 5 Desember 2021 | 14:09 WIB
Yudi Agus Priyanto, dari kepompong Indonesia  saat mendongeng Pondok Pesantren (Ponpes) Walindo, Desa Boyoteluk, Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan.  (Dok)
Yudi Agus Priyanto, dari kepompong Indonesia  saat mendongeng Pondok Pesantren (Ponpes) Walindo, Desa Boyoteluk, Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan.  (Dok)

PEKALONGAN, AYOSEMARANG.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Korean International Cooperation Agency (KOICA) menggandeng 150 anak siswa siswi TK dan SD kenalkan cara mencegah penularan Covid-19, kesiapsiagaan bencana, pertolongan pertama serta keselamatan. 

Kegiatan tersebut dilakukan selama tiga hari menyasar 5 lokasi di Pekalongan mulai 4-7 Desember 2021.

Seperti di Pondok Pesantren (Ponpes) Walindo, Desa Boyoteluk, Kecamatan Siwalan,  30 anak usia dini mendapatkan materi tentang kesiapsiagaan bencana.

Baca Juga: KONDISI Siskaeee Diduga Pemeran Video Pamer Payudara dan Miss V di Parkiran YIA, Polisi Ungkap Fakta Ini

Pemateri dari kepompong Indonesia, Yudi Agus Prayitno menjelaskan dengan metode mendongeng dan bernyanyi kepada anak-anak.

"Kita memberitahu apa yang dilakukan anak-anak ketika ada banjir, tanah longsor, sampai mempunyai luka di bagian tubuh," kata Yudi, Minggu  5 November 2021  

Yudi menjelaskan metode pembelajaran dengan dongeng dilakukan agar anak dapat senang dan ceria serta tidak bosan. Sehingga materi yang diberikan bisa ditangkap anak lebih cepat.

Baca Juga: Gunakan Metode KK-RK, Mahasiswa KKN Undip Atasi Kendala Imunisasi Balita di Batang 

"Kami memberikan materi dongeng dengan boneka-boneka lucu sehingga anak tertarik konsentrasi tidak terpecah," lanjut Yudi.

Salah seorang peserta Zidan Susilo (12) mengaku senang bisa mendapatkan materi kesiapsiagaan bencana melalui program dari PMI dan Konica. Dirinya kini mengerti apa yang dilakukan ketika banjir, genpa bumi dan pertolongan pertama.

Halaman:

Editor: Iswara Bagus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bulog Solo Siap Operasikan Penggilingan Padi Modern

Rabu, 26 Januari 2022 | 20:56 WIB
X