Foto Terbaru 'Black Hole' Dirilis, Bukti Keberadaanya di Jantung Galaksi

- Jumat, 13 Mei 2022 | 19:06 WIB
Nasa melalui instagramnya @nasa, menunjukkan temuan lubang hitam supermasif Sagitarius A* yang diketahui berada di jantung galaksi. instagram @nasa.
Nasa melalui instagramnya @nasa, menunjukkan temuan lubang hitam supermasif Sagitarius A* yang diketahui berada di jantung galaksi. instagram @nasa.

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM - Tim Astronomi merilis gambar terbaru Black Hole atau lubang hitam supermasif yang kini diketahui berada di jantung galaksi.

Black Hole merupakan wilayah ruang dengan gravitasi yang sangat kuat, sehingga tidak ada yang bisa lolos dari tarikannya, termasuk cahaya.

Gambar diambil dari Event Horizon Telescope, menunjukkan Sagitarius A*. Secara hitungan kasar memiliki 4,3 juta kali massa matahari kita, dan letaknya 27.000 tahun cahaya dari Bumi.

Baca Juga: Bisa Jadi Wallpaper Kece, Cara Buat What Did Hubble See On Your Birthday Kelahiran Tahun 1997-2003 Link NASA

Menyadur Daily Mail, foto ini muncul usai tiga tahun lalu astronom di Bumi pernah merilis foto Black Hole Messier 87.

Black hole M87 disebut sebagai 'monster', berukuran sekitar 24 miliar mil (40 miliar km) - tiga juta kali ukuran Bumi, dan dihasilkan dari teleskop yang sama.

Kedua lubang hitam yang ditemukan itu memiliki ciri yang sama.

Gambar yang dirilis tidak menggambarkan lubang hitam itu sendiri, karena benar-benar gelap, tetapi gas bercahaya yang mengelilingi fenomena tersebut dalam cincin terang dari cahaya lentur, yang dikenal sebagai piringan akresi.

Cincin itu kira-kira seukuran orbit Merkurius mengelilingi matahari, yaitu sekitar 40 juta mil (60 juta km).

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X