Kapan Waktu Ganti Oli Motor? Honda Jateng Beri Tips Mudah Pengecekannya

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:10 WIB
Pemudik yang tiba di pelabuhan Semarang dengan motor Honda. Honda Jateng memberi tips waktu untuk ganti oli mesin.  (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
Pemudik yang tiba di pelabuhan Semarang dengan motor Honda. Honda Jateng memberi tips waktu untuk ganti oli mesin. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

SEMARANG TENGAH, AYOSEMARANG.COM -- Setelah melewati mudik 2022 yang cukup mobile, motor tentu saja memelukan perawatan kembali terutama di bagian mesin. Sebab mesin memang komponen utama dalam motor.

Dalam merawat mesin motor, Honda Jateng menekankan salah satu hal yang harus diperhatikan adalah oli.

Pasalnya, menurut Honda Jateng oli juga memiliki peran menjaga suhu mesin dan membilas partikel dampak gesekan atau kotoran yang terperangkap dimesin untuk ditahan di filter oli agar tidak ikut bersirkulasi sehingga sangat penting menjaga kualitas oli untuk keawetan mesin dan performanya.

Lalu perlukah ganti oli setelah melewati mudik 2022?

Baca Juga: Jangan Semprot Mesin dengan Kompresor saat Ganti Oli, Ini Bahayanya

Untuk itu Oke Desiyanto selaku Senior Instruktur Honda Jateng menjelaskan bahwa untuk mengetahui perlu ganti oli atau tidak, harus melalui pengecekan motor terlebih dahulu dan pengecekan ini sebenarnya bisa dilakukan sendiri.

Oke lalu memberi tips, pertama posisikan motor kondisi tegak kemudian buka dipstick oli, bersihkan dari oli yang menempel, kemudian masukkan kembali putar hingga menutup sempurna untuk mengambil permukaan ketinggian volume oli dalam mesin.

"Jika oli masih menempel hingga level garis maksimal, artinya kapasitas oli dalam kondisi aman. Berikutnya periksa warna dan kondisi oli, pastikan warna tidak hitam pekat dan tidak keruh, gunakan alas berwarna putih sebagai alas meneliti," ucapnya.

Baca Juga: Kenalan dengan 4 Kode yang Tertera di Kemasan Oli, Biker Wajib Tahu

Terakhir adalah periksa jarak tempuh motor apakah masih didalam jarak tempuh siklus penggantian oli yang disarankan dalam buku pedoman pemilik. Bila ketiga hal tersebut diatas terpenuhi aman maka oli tidak perlu diganti.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X