Medina Zein Klaim Bipolar, Ini Gangguannya Jika Tidak Diobati

- Selasa, 17 Mei 2022 | 17:06 WIB
Medina Zein. instagram @medinazein91.
Medina Zein. instagram @medinazein91.

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM - Istri Lukman Azhari, Medina Zein mengaku memiliki bipolar disorder. Itu yang membuatnya kini dirawat insentif di rumah sakit di Bandung, sehingga tidak bisa menghadapi kasus hukumnya.

Medina Zein bahkan sempat mencatut nama Bipolar Care Indonesia saat berseteru dengan pengusaha bernama Putri Permata. Hal itu sudah dibantah Bipolar Care yang mengakui tak pernah bertemu dengan Medina.

Lantaran kasus bipolar yang digaungkan pihak Medina Zein dalam kasus penipuan, banyak stigma buruk yang justru datang kepada pengidap bipolar. Hal ini tentu merugikan penderita yang sedang berjuang untuk sembuh.

Baca Juga: Medina Zein Seret Nama Bipolar Care saat Berkasus

Bipolar Care Indonesia melalui akun instagramnya
@bipolarcare.indonesia menginformasikan mengenai risiko jika bipolar disorder tak ditangani dan diobati.

Efek gangguan bipolar pada kehidupan pribadi jika tidak diobati akan mempengaruhi pikiran dan emosi orang yang mengalaminya. Ini berdampak pada kemampuan penderita dalam berinteraksi dengan orang lain.

Dicontohkan, saat fase depresi, orang dengan gangguan bipolar (ODB) mengisolasi diri, bahkan kehilangan minat terhadap apa pun. Termasuk, kehilangan hal yang disukai.

ODB, lanjut Bipolar Care, mengalami kesulitan bersosialisasi, sehingga sulit mempertahankan persahabatan, membentuk hubungan, dan sulit
menjadi bagian dari jaringan sosial yang lebih besar.

Gangguan ini juga berpengaruh dengan pernikahan, di mana data pada 2017 menunjukkan ODB mengalami ketidakpuasan dalam pernikahan dan seksual yang tinggi, serta tingkat perceraiannya yang lebih tinggi.

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X