Mengenal Aplikasi Cuti Online: Solusi Pengelolaan Cuti Karyawan yang Efektif

- Selasa, 24 Mei 2022 | 14:06 WIB
Ilustrasi. Banyak perusahaan mulai menggunakan aplikasi cuti online.
Ilustrasi. Banyak perusahaan mulai menggunakan aplikasi cuti online.

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Cuti adalah hak karyawan setelah bekerja dalam perusahaan selama periode tertentu. Dalam UU Ketenagakerjaan, cuti karyawan berhak didapatkan jika karyawan telah bekerja dalam perusahaan selama 12 bulan berturut-turut.

Jumlah karyawan yang sangat banyak membuat HRD harus mengalokasikan waktu yang sangat banyak untuk mengelola cuti karyawan. Berkat perkembangan teknologi yang kian pesat, kini banyak perusahaan mulai menggunakan aplikasi cuti online.

Pemberian Hak Cuti Karyawan

Cuti merupakan hak setiap karyawan dan telah diatur dalam UU Ketenagakerjaan nomor 13 Tahun 2003. Pengaturan hak cuti karyawan harus dilakukan dengan baik karena jadwal cuti setiap karyawan berhubungan dengan kuota minimal karyawan yang ada untuk melaksanakan sistem produksi. Di satu sisi, perusahaan harus memenuhi hak cuti karyawan.

Sedangkan di sisi lain, perusahaan tetap harus tetap menjalankan proses produksi untuk mencapai target perusahaan. Dengan melakukan pengaturan cuti yang baik, setiap karyawan dapat memperoleh haknya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Perusahaan pun tetap dapat mencapai target yang telah ditentukan. Pemberian hak cuti karyawan juga dapat membantu menjaga performa kerja karyawan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan oleh perusahaan sebelum memberikan persetujuan atas pengajuan cuti karyawan.

1. Mengetahui jumlah karyawan yang mengajukan cuti pada waktu yang sama.

2. Memastikan bahwa karyawan yang mengajukan cuti masih memiliki kuota jatah cuti. Karena jika ternyata jatah cuti yang dimiliki karyawan telah habis, maka secara otomatis karyawan tersebut tidak diprioritaskan untuk mengambil cuti kembali. Hal tersebut bertujuan untuk melakukan pemerataan pemenuhan hak pada karyawan yang ada di perusahaan.

Saat ini teknologi telah berkembang dengan pesat, khususnya di bidang perangkat mobile. Sehingga penggunaan cara manual sudah mulai ditinggalkan dan diganti dengan proses komputerisasi yang dibantu oleh aplikasi. Salah satu aplikasi yang dapat memudahkan perusahaan adalah aplikasi cuti online. Sebagian besar perusahaan telah menggunakan sistem aplikasi cuti online yang praktis dan mudah.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Terkini

Hari Arafah: Keutamaan dan Cerita di Baliknya

Senin, 4 Juli 2022 | 18:37 WIB
X