Peserta Pelatihan Kerja di Batang Wajib Ikut Ujian Kompetensi Dapatkan Sertitikat BNSP

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:04 WIB
Pelatihan kerja di BLK Kabupaten Batang. Foto : Muslihun kontributor Batang
Pelatihan kerja di BLK Kabupaten Batang. Foto : Muslihun kontributor Batang

BATANG, AYOSRMARANG.COM - Kebutuhan tenaga kerja yang memiliki kualifikasi untuk perusahaan di Kabupaten Batang semakin bertambah.

Sebagai upaya memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) tersebut, Pemkab melalui dinas tenaga kerja (disnaker) menggelar pelatihan kerja menjahit dan komputer.

Setelah usai mengikuti pelatihan, semua peserta pun wajib mengikuti ujian kompetensi untuk mendapatkan Sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) tingkatnya nasional.

Baca Juga: Warga Tolak Pembangunan Tempat Ibadah, Ini Imbauan Camat Batang

Kepala UPTD BLK Kabupaten Batang Elisyatun Muslimah menyatakan, sertifikasi BNSP yang didapat peserta ujian kompetensi sebagai lisensi kemampuan yang diakui secara nasional.

“Jenis sertifikasi ini bersifat sangat spesifik. Kompetensi akan dinilai berdasarkan bidang spesifik dan juga industri yang spesifik,” tuturnya, Sabtu 2 Juli 2022.

Dijelaskanya, dalam suatu perusahaan ada banyak sekali sertifikasi profesi. Salah satunya sertifikat profesi akuntan. Mereka yang sudah mengantongi sertifikasi ini harus mempunyai kemampuan pencatatan keuangan dan membuat laporan keuangan yang baik.

Baca Juga: Menjabat Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki Wajib Laporkan Tugas Tiga Bulanan ke Mendagri

“BLK Kabupaten Batang telah meluluskan peserta ujian kompetensi dan mendapatkan Sertifikasi BNSP dengan nilai sangat baik. Pada tahun lalu, kelulusan mencapai 95% dari 33 jumlah peserta dengan dua pelatihan yaitu menjahit dan komputer,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Renungan Ulang Janji Pramuka di Lapas Kelas IIB Batang

Minggu, 14 Agustus 2022 | 20:25 WIB

Pemkab Batang Gelar Program Pemutihan Denda Pajak PBB

Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:48 WIB
X