Digelar Sejak 1985, Penghargaan Upakarti Beri Motivasi bagi IKM

- Senin, 8 Agustus 2022 | 20:31 WIB
Diskusi Virtual terkait penghargaan Upakarti 2022 Bangkit Bersama Industri Kecil dan Menengah yang diselenggarakan oleh Forum Merdeka Barat 9 di Jakarta, Senin 8 Agustus 2022. (Dok)
Diskusi Virtual terkait penghargaan Upakarti 2022 Bangkit Bersama Industri Kecil dan Menengah yang diselenggarakan oleh Forum Merdeka Barat 9 di Jakarta, Senin 8 Agustus 2022. (Dok)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM- Tokoh Nasional Koperasi & UKM Dewi Motik yang menjadi Juri Penghargaan Upakarti mengapresiasi terselenggaranya Penghargaan Upakarti 2022. Ia berharap agar penghargaan ini bisa memberi motivasi bagi pelaku IKM (Industri Kecil Menengah) di daerah daerah.


Dari pengalamannya sebagai juri, ia terjun langsung ke daerah daerah untuk melihat kondisi faktual di lapangan. Agar tidak hanya mendengar dari orang saja dan faktanya banyak IKM di daerah yang hasil produksinya sangat bagus dan berkualitas termasuk di daerah daerah di Papua dan Bali.

Baca Juga: Nikmat Disantap Malam Hari, Ini 6 Rekomendasi Sate Ayam Enak di Semarang

“Saya ga mau yang di ibu kota provinsi, saya mau daerah daerah biar jalannya rusak, yang penting mereka (IKM) gabung e-smart saja,”ucap Dewi Motik dalam Diskusi Virtual terkait penghargaan Upakarti 2022 Bangkit Bersama Industri Kecil dan Menengah yang diselenggarakan oleh Forum Merdeka Barat 9 di Jakarta, Senin 8 Agustus 2022.


Ia menegaskan, kendati pun penghargaan ini sudah berlangsung sejak lama, yakni tahun 1985 atau zaman orde baru tetapi visinya sangat bagus yakni memberikan penghargaan bagi IKM di Indonesia.
Karenanya ia berharap agar penghargaan Upakarti ini diperbanyak, tidak hanya untuk dua kategori saja, terlalu banyak hasil karya IKM kita yang baik dan berkualitas.

“Tetapi kalau bisa jangan hanya dua kategori. Misalkan yang bagus tiga tetapi karena yang diambil hanya satu, duanya dibuang, sayang dong”ucapnya.

Sebagai informasi Penghargaan Upakarti ini untuk mendorong pertumbuhan IKM, penghargaannya terdiri dari kategori jasa pengabdian dan kepeloporan, penghargaan akan diberikan oleh Presiden pada November 2022.

Terkait kondisi selama Pandemi, ia katakan bahwa IKM tidak banyak terdampak selama ia gabung di program e-smart IKM yang digagas Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Baca Juga: 5 Film Terfavorit yang Harus Kamu Tonton pada 2022 Ini

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BSU Tahap 3 Cair Berapa Kali? Ini Kata Kemnaker

Selasa, 27 September 2022 | 15:08 WIB
X