Terungkap Dalang Sebenarnya Peristiwa Berdarah G30S PKI, Sosok Ini Jadi Sorotan

- Jumat, 23 September 2022 | 11:17 WIB
DN Aidit merupakan tokoh politik disangkut pautkan dengan peristiwa berdarah G30S PKI. (istimewa)
DN Aidit merupakan tokoh politik disangkut pautkan dengan peristiwa berdarah G30S PKI. (istimewa)

  

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Dipa Nusantara Aidit atau yang lebih dikenal dengan nama DN Aidit merupakan tokoh politik disangkut pautkan dengan G30S PKI.

Siapa DN Aidit sebenarnya, ketahui lebih lanjut penjelasannya yang dirangkum tim Ayo semarang dari berbagai sumber.

DN Aidit ini merupakan pria yang lahir di kota Belitung pada 1923. Ia adalah pemimpin terakhir di Partai Komunis Indonesia (PKI). Di masa kepemimpinannya, PKI tumbuh menjadi salah satu kekuatan politik yang besar.

Kala itu pada pemilu 1955, PKI bahkan bisa menempati posisi keempat di bawah PNI, Masyumi, dan NU dengan mendapatkan 16,4 persen suara. Kesuksesan PKI di Indonesia ini diketahui tidak terlepas dari pengaruh DN Aidit.

Baca Juga: Film G30S PKI Tayang Lagi, Inilah Pahlawan Revolusi yang Gugur dalam Pertumpahan Darah Ini

Pada 1960-an, PKI sempat mengklaim punya anggota lebih dari 3 juta dan membuatnya menjadi partai komunis terbesar ketiga di dunia setelah RRC dan Uni Soviet.

Sampai akhirnya, memanas peristiwa berdarah yang dikenal dengan nama G30S PKI yang menewaskan sejumlah perwira tinggi Angkatan Darat.

Selanjutnya, pada rezim Orde Baru di bawah pimpinan Jenderal Soeharto menuding bahwa PKI merupakan satu-satunya dalang dalam peristiwa kelam itu.

Pada masa ini, nama PKI disematkan di belakang G30S yang menjadi G30S PKI, kemudian setelah itu Soeharto menetapkan PKI sebagai organisasi terlarang.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X