Perbedaan KTP Digital dengan e-KTP, Praktis Tak Perlu Fotokopi!

- Jumat, 23 September 2022 | 15:16 WIB
Perbedaan KTP Digital dengan e-KTP. (mediacenter.bengkulukota.go.id)
Perbedaan KTP Digital dengan e-KTP. (mediacenter.bengkulukota.go.id)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Masyarakat secara bertahap akan beralih dari e-KTP dengan KTP Digital. Pasti akan banyak yang bertanya apa perbedaan keduanya?

KTP Digital merupakan pengalihan e-KTP ke dalam handphone dalam bentuk foto dan kode QR.

Dengan adanya KTP Digital bisa mengurangi risiko hilangnya dokumen penting. Nantinya masyakarat tidak perlu mencetak atau menyimpannya dalam dompet.

Sampai saat ini digitalisasi kartu tanda penduduk itu masih dilakukan bertahap jadi masyarakat masih bisa menggunakan e-KTP.

Baca Juga: Cara Membuat KTP Digital, Tak Perlu Dicetak Tinggal Download Aplikasi

Diketahui, syarat membuat pun cukup mudah hanya menggunakan handphone dan koneksi internet karena perlu mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan dengan adanya KTP Digital masyarakat akan lebih praktis mengurus data kependudukan.

"KTP-el tidak lagi dicetak seperti sekarang, tetapi langsung disimpan di HP penduduk. Nanti ada foto KTP-el dan QR Code," ujar Zudan dikutip dari CBNC Indonesia, Jumat 23 September 2022.

Zudan menegaskan jika sistem yang dipakai aman. Jika terkena masalah handphone hilang masyarakat cukup meminta ke pihak Dukcapil dengan memberikan nomor ponsel yang baru.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Download Musik Online dengan Cepat

Kamis, 29 September 2022 | 15:49 WIB
X