Edukasi Kebersihan Gigi, PDGI Cabang Pekalongan Gelar Sikat Gigi Serempak di SDIT Batang

- Sabtu, 24 September 2022 | 14:32 WIB
Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mendampingi siswi SDIT Ar-Roudloh Dracik, Kabupaten Batang, Sabtu 24 September 2022. Foto: dok
Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mendampingi siswi SDIT Ar-Roudloh Dracik, Kabupaten Batang, Sabtu 24 September 2022. Foto: dok

BATANG, AYOSEMARANG. COM -Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Pekalongan menggelar aksi sikat gigi anak serempak di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ar-Roudloh Dracik, Kabupaten Batang, Sabtu 24 September 2022.

Kegiatan itu dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional yang jatuh pada 12 September 2022.

Koordinator Wilayah Kabupaten Batang Cabang PDGI Pekalongan Inneke Kencanasari mengatakan, aksi sikat gigi anak bersama pelaksanaannya mundur. Karena kemarin pada tanggal 12 September 2022 anak-anak masih menjalani Ujian Tengah Semester (UTS).

“Kegiatan sikat gigi bagi anak ini dilakukan serentak seluruh sekolah dasar kita fokuskan di SDIT Ar-Roudloh Batang. Jumlahnya 428 siswa yang mengikuti sikat gigi bersama serta ratusan siswa dari sekolah lainnya dipantau secara virtual,” jelasnya.

Dijelaskannya, akibat jika tidak rutin sikat gigi secara rutin setiap hari bisa mengakibatkan gigi berlubang dan banyak anak yang belum tahu cara menggosok gigi yang benar.

“Kegiatan ini anak-anak menjadi tahu cara menggosok gigi dengan benar dan waktu kapan saja harus menggosok gigi seperti pagi hari sesudah makan dan malam hari sebelum tidur,” tuturnya.

Kegiatan ini untuk mengedukasi sikat. Karena sikat gigi itu penting untuk kehidupan sehari-hari, salah satu yang menjadikan tubuh sehat. Jika sudah mengatasi sejak dini gigi anak, ke depan akan mempengaruhi tumbuh kembang anak hasilnya belajar mengajarnya mereka berjalan dengan baik.

“Tujuannya gigi anak di Kabupaten Batang terbebas dari gigi keropos. Hal itu yang selama ini masih menjadi masalah utama sakit gigi di Kabupaten Batang,” tegasnya.

Selain itu, masih banyak lagi masalah sakit gigi bagi anak terutama yang berada di daerah pedesaan.

Halaman:

Editor: Oriza Shavira Arifina

Tags

Terkini

X