Peringati Hari Tani, Ratusan Petani di Batang Arak Gunungan Hasil Bumi

- Senin, 26 September 2022 | 20:18 WIB
Gunungan hasil bumi seperti sayuran dan buah dikirab oleh sejumlah Organisasi Tani Lokal (OTL) Kabupaten Batang.  (Muslihun kontributor Batang)
Gunungan hasil bumi seperti sayuran dan buah dikirab oleh sejumlah Organisasi Tani Lokal (OTL) Kabupaten Batang. (Muslihun kontributor Batang)

BATANG, AYOSEMARANG.COM – Gunungan hasil bumi seperti sayuran dan buah dikirab oleh sejumlah Organisasi Tani Lokal (OTL) Kabupaten Batang.
 
Kirab tersebut dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional yang mengambil rute Lapangan Dracik Kampus, Jalan Gajah Mada hingga berakhir di halaman Masjid Agung Darul Muttaqin Batang, Senin 26 September 2022.
 
Ketua Panitia Peringatan Hari Tani, Gotama Bramanti menyampaikan, Hari Tani diperingati setelah munculnya Undang-undang Pokok Agraria. Peringatan ini diharapkan membawa nasib para kaum tani agar lebih sejahtera di masa depan.

Baca Juga: Potensi Pasar Ekspor Tinggi, Pemkab Batang Galakkan Tanam Kedelai Edamame
 
“Kirab ini berkat dukungan penuh dari 8 OTL yakni Subah, Kuripan, Gondang, Simbangjati, Simbangdesa, Cepoko, Werdi Sari dan Brontok. Serta Omah Tani, Serikat Pekerja Nasional (SPN), Kampung Hijrah dan Gerbang Tani,” katanya, saat ditemui di Masjid Agung Darul Muttaqin, Kabupaten Batang.
 
Momentum Hari Tani ini, kata dia, menjadi motivasi agar di masa depan tidak akan ada lagi anak yang kekurangan gizi atau stunting.
 
“Kesadaran masyarakat sudah mulai meningkat dengan kerja sama antara Pemda dan organisasi tani untuk pemenuhan gizi, seperti saat penanganan Covid-19,” tegasnya.

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie Cakrawangsa yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan, peringatan kali ini sangat istimewa karena semua kaum tani berkumpul di masjid dengan membawa hasil panennya.

Baca Juga: BSU Tahap 3 Mulai Cair, Cek Lewat Sini dan Segera ke ATM!

“Ini di luar kebiasaan memang, tapi tujuan supaya para kaum tani di Kabupaten Batang didoakan langsung oleh ulama, agar sejahtera dan memanen hasil bumi yang melimpah, sehingga masyarakat seluruhnya makmur,” ungkapnya.

Takmir Masjid Agung Darul Muttaqin KH. M. Saefudin Zuhri mengapresiasi peringatan Hari Tani Nasional dipusatkan di Masjid Agung.

“Ini sesuai dengan sabda Rasulullah bahwa sebaik-baik tempat adalah masjid. Perjuangan beliau pun sangat dekat dengan masjid yakni Masjid Nabawi,”  tuturnya.

Maka, kata dia, rekan-rekan Omah Tani bersama Gerbang Tani SPN dan Kampung Hijrah sangat tepat memilih Masjid Agung sebagai tempat untuk berjuang bersama-sama.

Baca Juga: 4 Rekomendasi HP Samsung Terbaru Harga 3 Jutaan Terbaik pada September 2022

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X