Antisipasi Penyelewengan Pupuk Bersubsidi, KP3 Awasi Pendistribusian

- Kamis, 29 September 2022 | 15:40 WIB
Pelaksana tugas (Plt) Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Batang Supardi pimpin rakor implementasi Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10 Tahun 2022 dan teknik pendistribusian.  Foto: dok
Pelaksana tugas (Plt) Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Batang Supardi pimpin rakor implementasi Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10 Tahun 2022 dan teknik pendistribusian. Foto: dok

BATANG, AYOSEMARANG.COM-Sebagai upaya antisipasi peyelewengan pupuk bersubsidi, Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) menggelar rapat koordinasi implementasi Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10 Tahun 2022 dan teknik pendistribusian.

Rapat koordinasi yang di buka oleh Pelaksana tugas (Plt) Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Batang Supardi di Aula Kantor Bupati Batang, Kamis 29 September 2022.

Ia mengatakan bahwa sepanjang petani tanahnya masih ditanami dan memproduksi tanaman ketahaman pangan, maka pera petani masih tetap berhak mendapatkan pupuk beraubsidi.

Pasalnya, pupuk merupakan sarana produksi yang sangat menentukan dalam pencapaian produksi pertanian nasional.

"Oleh karena itu, pendistribusian pupuk harus sesuai dengan prinsip 6T yakni, tepat mutu, jumlah, jenis, harga, waktu dan tempat," ungkap Supardi.

Ia pun menyatakan pupuk bersubsidi ada pengurangan dari 6 item menjadi dua item.

"Cuma persoalannya, pengawasan yang harus kita lakukan itu tambah berat karena penggunaan pupuk bersubsidi bukan hanya di sektor pertanian tetapi sekarang masuk kepada komoditi,” jelasnya.

Supardi pun merincibkomoditas yang mendapatkan pupuk bersubsidi seperti padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, tebu rakyat, kopi rakyat dan kakao rakyat.


Perintah melalui Kementerian Pertanian dan Kementerian Keuangan juga diminta menetapkan Harga Pokok Penjualan (HPP) sebagai acuan maupun evaluasi pembayaran.

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Terkini

Rapimwil PPP Jateng Hasilkan Nama Ganjar Capres Teratas

Minggu, 27 November 2022 | 21:11 WIB

Bulog Jateng Stabilisasi Harga Komoditas Pangan

Rabu, 23 November 2022 | 17:25 WIB
X