Apakah Gempa Bisa Diprediksi? 3 Cara Kurangi Dampak Korban Akibat Gempa Bumi

- Selasa, 22 November 2022 | 22:02 WIB
Ribuan korban gempa Cianjur terpaksa mengungsi.  (Ayobandung.com/MuhammadIkhsan)
Ribuan korban gempa Cianjur terpaksa mengungsi. (Ayobandung.com/MuhammadIkhsan)

AYOSEMARANG.COM -- Gempa bumi adalah peristiwa alam yang sangat dihindari oleh manusia. Apalagi jika terjadinya gempa bumi pada saat sedang tidur atau sedang dalam kondisi tidak sadar.

Ketika terjadi gempa bumi dalam kondisi tersebut atau tidak diketahui prediksinya, sangat sulit kemudian untuk mempersiapkan diri dengan baik agar terhindar dari reruntuhan atau hal lain yang membahayakan.

Apalagi jika terjadinya gempa disaat kita berada di puncak tidur. Biasanya, dalam situasi seperti itu, tidak ada yang bisa lari karena waktu gempa yang tepat tidak diketahui.

Baca Juga: Bank Mandiri Langsung Bergerak Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur

Nah. ketika terjadi gempa bukan hanya menyebabkan banyak kerugian finansial, gedung-gedung roboh, yang paling dikhawatirkan adalah nyawa sendiri.

Oleh karena itu, jika gempa bumi terjadi pada jam-jam saat kita terjaga dan atau sedang tidak tidur, kemungkinan kita bisa mengatasi atau menghindari efek dari gempa tersebut sehingga meminimalisir situasi parah akibat gempa bumi.

Oleh karena itu dalam artikel kali ini kami akan membahas bagaimana cara cerdas untuk mengurangi cedera akibat gempa bumi.

1. Hindari lari saat terjadi gempa

Baca Juga: Update Data Terbaru BNPB Korban Gempa Cianjur: 268 Meninggal Dunia, 1.083 Luka-Luka

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X