Beredar Kabar Gunung Gede Erupsi Pasca Gempa di Cianjur, Ini Penjelasan BMKG

- Rabu, 23 November 2022 | 07:15 WIB
Beredar kabar aktivitas pergerakan sesar cimandiri dan erupsi Gunung Gede yang melibatkan gempa bumi. (Instagram/krisna.asfiz)
Beredar kabar aktivitas pergerakan sesar cimandiri dan erupsi Gunung Gede yang melibatkan gempa bumi. (Instagram/krisna.asfiz)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membantah adanya informasi yang beredar terkait waspada aktivitas pergerakan Sesar Cimandiri dan erupsi Gunung Gede yang melibatkan gempa bumi.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan kabar yang beredar adanya hubungan gempa Sesar Cimandiri dan letusan Gunung Gede yang dinilai meresahkan itu hoaks atau tidak benar.

BMKG tidak pernah menyampaikan serta menyebarluaskan informasi tersebut,” kata Teguh Rahayu, melalui keterangan tertulisnya yang diterima ayosemarang.com, Selasa 22 November 2022.

Baca Juga: Update Data Terbaru BNPB Korban Gempa Cianjur: 268 Meninggal Dunia, 1.083 Luka-Luka

Dalam keterangannya disebutkan, ada dua temuan kabar yang diklarifikasi BMKG.

Pesan pertama bertuliskan; “Ijin melaporkan komandan situasi Terkait tingkat kewaspadaan info BMKG dan BNPB Tingkat waspada Tinggi Wilayah Sukabumi aktivitas Yang dilewati Garis Pergerakan Sesar Cimandiri 1 Minggu Kedepan

1. Pelabuhan Ratu dan sekitarnya 2. Cibadak dan sekitarnya 3. Cicantayan dan Cibolang 4. Sukaraja dan sekitarnya 5. Sukalarang dan sekitarnya 6. Baros dan sekitarnya 7. Salabintana dan sekitarnya 8. Kadudampit dan sekitarnya.

Himbauan bagi warga tetap waspada dan tidak panik serta tak berpergian dari rumah masing-masing untuk menjaga keamanan tempat tinggal masing-masing. Terimakasih Muspika & Muspida Kota Sukabumi”

Baca Juga: Ya Allah, Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Cianjur, Getaran Kencang Sampai Jakarta

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X