Jateng Terapkan Kurikulum Antikorupsi, KPK Minta Ditiru Semua Kepala Daerah

- Kamis, 1 Desember 2022 | 21:48 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat acara pembukaan Hakordia di Surabaya. Jateng sudah terapkan kurikulum antikorupsi di sekolah-sekolah.  (Humas Jateng)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat acara pembukaan Hakordia di Surabaya. Jateng sudah terapkan kurikulum antikorupsi di sekolah-sekolah. (Humas Jateng)

SURABAYA, AYOSEMARANG.COM - Ketua KPK RI Komjen Pol Firli Bahuri menanggapi inisiasi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk menerapkan kurikulum pendidikan antikorupsi di sekolah-sekolah.

"Begini KPK memang mendorong dalam rangka pendidikan sosialisasi kampanye antikorupsi karena itu KPK meminta untuk seluruh kepala daerah untuk pembelajaran materi antikorupsi baik itu SD, SMP dan SMA," ujar Firli saat acara pembukaan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 di Surabaya, Kamis 1 Desember 2022.

Lantaran sekolah-sekolah itu merupakan kewenangan masing-masing daerah, papar dia, diharapkan tiap kepala daerah ikut ambil peran dalam penerapan kurikulum pendidikan tersebut.

Baca Juga: Emak-emak Tutup Paksa Galian C Ilegal di Sungai Batang, Bikin Rusak Lingkungan

"Karena itu ada di bawah kewenangan Gubernur Bupati, Wali Kota, Bupati, maka mereka tentu kita harapkan andil besar. Mereka dari itulah akan menimbulkan sumbangsih kepala daerah dalam menanamkan nilai-nilai integritas untuk menghindari korupsi dan juga sekaligus upaya pemberantasan nyata korupsi yang dilakukan kepala daerah," tegasnya.

Sementara itu, sampai saat ini di Jawa Tengah sudah ada 23 SMA dan SMK negeri yang menerapkan kurikulum pendidikan antikorupsi.

Adapun sekolah-sekolah itu seperti SMAN 2 Salatiga, SMAN 15 Semarang, SMKN 1 Purwodadi Kabupaten Grobogan, SMKN 2 Kendal, SMKN Jateng Kota Semarang

Ada juga, SMAN 1 Pati, SMKN 2 Jepara, dan SMKN Jateng Kabupaten Pati. Selanjutnya, SMAN 6 Surakarta, SMAN 1 Karanganyar Kabupaten Karanganyar, SMKN 1 Wonosegoro Kabupaten Boyolali dan SMKN 2 Sukoharjo.

Baca Juga: Kasus Arisan Japo di Semarang, Pengelola Sampaikan Alasan Arisan Mandeg

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejumlah Pejabat Utama Kodam IV/Diponegoro Dirotasi

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:00 WIB
X