Peringati Hari Gizi Nasional 2023, Ini Pedoman untuk Dapat Gizi Seimbang, Salah Satunya Wajib Sarapan?

- Rabu, 25 Januari 2023 | 14:51 WIB
Peringati Hari Gizi Nasional 2023, ini pedoman untuk dapat gizi seimbang, benarkah salah satunya wajib sarapan. (Pixabay: PhotoMIX-Company)
Peringati Hari Gizi Nasional 2023, ini pedoman untuk dapat gizi seimbang, benarkah salah satunya wajib sarapan. (Pixabay: PhotoMIX-Company)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional pada setiap tahunnya, termasuk di tahun 2023 ini.

Peringatan Hari Gizi Nasional ini dimulai sejak sekitar tahun 1960-an untuk mengingat didirikannya Sekolah Juru Penerang Makanan oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada tanggal 25 Januari 1951 silam.

Sekolah Juru Penerang Makanan ini merupakan cikal bakal bagi pendidikan gizi di Indonesia. Tidak hanya itu, peringatan Hari Gizi Nasional ini juga berupaya untuk mengingatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Usung Konsep Hybrid, Harga 100 Jutaan, New Toyota Agya 2023 Tampil Mewah Irit BBM Berteknologi Elite Masa Kini

Hingga saat ini, Indonesia masih mengalami krisis gizi pada anak, remaja, maupun orang dewasa.

Pada bulan Juli tahun 2022, laporan data The State of Food Security and Nutrition in the World yang dirilis oleh Food and Agriculture Organization (FAO) menuliskan bahwa belasan juta penduduk Indonesia diperkirakan masih kekurangan asupan gizi.

Asupan gizi yang kurang bisa berdampak buruk pada pertumbuhan dan juga kesehatan seseorang.

Untuk memenuhi gizi yang seimbang, seseorang harus memperhatikan asupan pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, serta memantau berat badan secara teratur agar bisa mempertahankan berat badan dalam angka yang normal.

Baca Juga: Jangan Sia-siakan! Fakta-Fakta Keistimewaan Bulan Rajab Terkuak dalam 2 Riwayat Ini

Halaman:

Editor: Rahma Rizky Wardani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X