6 Tips Traveling Naik Pesawat di Era New Normal

- Kamis, 17 Maret 2022 | 11:09 WIB
Tips traveling naik pesawat di era New Normal. (istimewa)
Tips traveling naik pesawat di era New Normal. (istimewa)

 

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Pandemi Covid-19 membuat masyarakat di seluruh dunia terpuruk. Selain banyak orang yang meninggal dunia karena virus mematikan ini, Covid-19 juga membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan, kehilangan orang-orang tersayang dan tidak bisa lagi bersosialisasi dengan bebas.

Perusahaan-perusahaan besar dan dunia penerbangan juga sangat berdampak dengan adanya pandemi Covid-19. Penutupan akses penerbangan membuat semua operasional terhenti dan banyak karyawan maskapai yang di PHK.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk menanggulangi virus covid-19 mulai dari isolasi terpusat, karantina mandiri, social distancing, dan penerapan protokol kesehatan.

Di tahun 2022, kondisi ini telah mulai berangsur-angsur membaik dan muncul pola hidup yang baru yaitu era New Normal. Di era ini, sekolah, moda transportasi, lokasi wisata, dan tempat-tempat umum seperti bank, mall dan lainnya sudah beroperasi kembali.

Sejumlah maskapai penerbangan seperi Lion Air Traveloka dan Wings Air juga telah beroperasi seperti semula. Semangat untuk traveling lagi? Berikut Traveloka telah merangkum 6 tips traveling naik pesawat di era New Normal.

1. Jaga Kesehatan dan Fisik Sebelum Keberangkatan
New normal merupakan istilah yang saat ini digunakan untuk hidup normal, namun berbeda dari kehidupan normal sebelum masa pandemi. Di era new normal, Anda harus menjaga kesehatan dan mempersiapkan kondisi fisik sebelum traveling menggunakan pesawat terbang.

Beberapa minggu sebelum jadwal keberangkatan, sebaiknya Anda berolahraga teratur, makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Saat check in di bandara, para calon penumpang akan diperiksa suhunya oleh petugas. Sebaiknya Anda melakukan check up kesehatan secara berkala agar riwayat kesehatan bisa diketahui.

2. Manajemen Waktu dengan Baik
Sebelum traveling dengan pesawat, pastikan Anda berangkat ke bandara lebih awal sebagai upaya antisipasi kemacetan di jalan raya. Atur waktu Anda dengan baik dan pertimbangkan waktu antrian untuk masuk ke terminal keberangkatan.

Biasanya maskapai penerbangan meminta kepada para calon penumpang untuk check in 3-4 jam sebelum jadwal keberangkatan, karena di era new normal petugas akan memeriksa dokumen dan hal ini memakan waktu yang cukup lama.
Selain itu proses keluar dari terminal kedatangan kini bisa sekitar dua jam untuk pengambilan bagasi dan proses pemeriksaan dokumen.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Terkini

5 Kuliner Malam Semarang, Lezat dan Legendaris

Jumat, 20 Mei 2022 | 18:54 WIB

5 Hal yang Tak Boleh Kamu Lakukan di Singapura

Jumat, 20 Mei 2022 | 08:31 WIB

Rekomendasi 4 Objek Wisata Gratis di Semarang

Selasa, 10 Mei 2022 | 23:56 WIB
X