Keindahan Desa Sembungan, Desa Tertinggi di Jawa Tengah

- Kamis, 7 Juli 2022 | 00:43 WIB
Gapura Sambungan Village dibangun di pintu masuk menuju Desa Wisata Sembungan guna menampilkan keberagaman objek wisata yang ada di sana. (Nila Rafiqa magang Ayosemarang)
Gapura Sambungan Village dibangun di pintu masuk menuju Desa Wisata Sembungan guna menampilkan keberagaman objek wisata yang ada di sana. (Nila Rafiqa magang Ayosemarang)

WONOSOBO, AYOSEMARANG.COM -- Desa Sembungan merupakan salah satu desa wisata yang masuk dalam 50 desa wisata terbaik di Indonesia yang letaknya di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Desa Sembungan terletak 2.300 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan dikatakan sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa. Selama perjalanan menuju Desa Sembungan, Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah berupa hamparan perkebunan berundak yang dikelilingi perbukitan hijau berlatar belakang bukit. Wisatawan juga dapat menikmati sejuknya udara pegunungan.

Pemandangan eksotis lain yang dapat dinikmati adalah Puncak Sikunir. Ini merupakan salah satu tempat wisata di Desa Sembungan dengan pemandangan matahari terbit (sunrise) yang indah. Juga dikenal sebagai sunrise terbaik di Asia.

Baca Juga: 7 Jenis Rempah-Rempah Beserta Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Dan untuk menikmati sunrise terbaik di Puncak Sikunir, dapat anda temui di musim kemarau karena cuacanya lebih cerah dan cenderung tidak berkabut.

Menuju Puncak Sikunir, anda akan disuguhi pemandangan alam lain yaitu Telaga Cebong. Dijuluki Telaga Cebong karena bentuknya yang mirip dengan bayi kayak.

Telaga ini dulunya merupakan kawah purba dengan luas 18 hektar, namun lama kelamaan kawah mati atau menyempit, menyisakan sekitar 12 hektar.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Baik yang Dapat Kamu Lakukan di Pagi Hari

Desa Wisata Sembungan ini juga memiliki objek wisata alam lain, yakni Air Terjun Sikarim. Aliran air Air Terjun Sikarim mengalir dari Telaga Cebong

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Artikel Terkait

Terkini

Harga Tiket Masuk Wisata Embung Bansari Temanggung

Senin, 15 Agustus 2022 | 17:47 WIB

3 Wisata Sejarah Candi yang Ada di Wilayah Temanggung

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:14 WIB

Tips Mendapatkan Penerbangan Murah, Traveling Hemat!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:56 WIB
X