Sungai Elo, Salah Satu Destinasi Wisata Arung Jeram

- Selasa, 26 Juli 2022 | 19:50 WIB
Foto keseruan bermain arung jeram di Sungai Elo Magelang  ( Nila Rafiqa)
Foto keseruan bermain arung jeram di Sungai Elo Magelang ( Nila Rafiqa)

AYOSEMARANG.COM - Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar nama Kota Magelang? Kota yang menawarkan berbagai jenis destinasi wisata dengan keindahan alam serta tempat bersejarah.

Tempat bersejarah bagi penduduk lokal dan mancanegara yang ada di Kota Magelang ini adalah Candi Borobudur, candi Budha terbesar yang dibangun pada zaman Mataram kuno.

Selain destinasi wisata bersejarah, Magelang juga menawarkan wisata alam. Tempat wisata alam yang sangat populer di sini adalah Gunung Andong yang terletak di Kabupaten Magelang di antara desa Ngablak dan Trogorejo di Grabag. Ketinggian Gunung Andong hanya 1.726 meter di atas permukaan laut.

Gunung Andong cocok untuk pendaki pemula dan mereka yang hanya ingin mendaki gunung dengan ketinggian yang relatif rendah. Dengan pesonanya yang eksotis, pendaki biasanya menghabiskan waktu di sini untuk menikmati pemandangan sunrise atau matahari terbit.

Baca Juga: Tahun Baru Islam Segera Tiba, Ini Beberapa Amalan Sunah di Bulan Muharram

Destinasi wisata alam yang tidak kalah populer dan menantang di Kota Magelang yaitu Sungai Elo. Lokasinya di Jl. Sendangsono Kanden, Progowati, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang,Jawa Tengah. Durasi perjalanannya jika dihitung dari pusat kota Yogyakarta kurang lebih 54 menit.

Sungai Elo tentu menjadi nama yang umum bagi para pencinta alam. Sungai Elo biasanya digunakan oleh pelajar dan wisatawan pecinta alam untuk berlatih olahraga yang menguji tingkat adrenalin, seperti arus deras dan arung jeram.

Arung jeram adalah olahraga arus deras menggunakan perahu. Olahraga ini cukup menguji adrenalin. Karena kita harus waspada dan waspada terhadap apa yang terjadi di luar nalar.

Arung jeram ini membutuhkan pemandu yang disebut tour guide. Pemandu ini bertugas memberikan instruksi berupa isyarat dan aba-aba saat Anda berada di atas perahu.

Baca Juga: Bolehkan Berhubungan Intim di Malam Tahun Baru Islam atau 1 Suro? Ini Hukumnya Kata Ulama

Tingkat kesulitan sungai elo ini juga mencapai tingkat sekitar II hingga III+. Curah hujan di hulu sungai juga dapat meningkatkan debit air. Peningkatan limpasan air biasanya dapat mempengaruhi laju waktu arung jeram.

Sebelum Covid-19 perahu biasanya digunakan hingga 7 orang, namun pandemi Covid-19 kemarin mempengaruhi jumlah perahu yang semula 7 dari 5 karena jarak sosial perahu. Satu nahkoda dan empat awak kapal atau peserta.

Arung jeram atau river rafting di Sungai Erotis dimulai di titik awal wilayah Magelang dan berakhir di Mendut. Jaraknya sekitar 12 km dan arung jeram berlangsung sekitar 2,5 hingga 3 jam. Selain finis di Mendut, Anda juga bisa menyelesaikan arung jeram di Desa Jambean.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Wisata Sejarah Candi yang Ada di Wilayah Temanggung

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:14 WIB

Tips Mendapatkan Penerbangan Murah, Traveling Hemat!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:56 WIB
X