Candi Umbul, Pemandian Air Hangat Alami dan Bersejarah

- Selasa, 26 Juli 2022 | 19:54 WIB
Pemandian air hangat Candi Umbul  (Fatih Rahmawati)
Pemandian air hangat Candi Umbul (Fatih Rahmawati)

AYOSEMARANG.COM -- Candi Umbul merupakan salah satu destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi saat berkunjung di Magelang. Kabupaten Magelang memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya Candi Umbul. Candi Umbul tepatnya terletak di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Candi Umbul merupakan kolam pemandian peninggalan kerajaan Mataram Kuno yang dulunya digunakan sebagai tempat pemandian putra-putri bangsawan. Disebut Candi Umbul karena di area tersebut terdapat candi atau arca. Namun, sekarang yang dapat dilihat adalah batu-batu bersejarah, sebagai bahan pembuatan candi tersebut. Sedangkan kata “umbul” berarti air yang menyembul dari bawah ke atas.

Daya tarik dari Candi Umbul adalah objek wisata bersejarah yang memiliki ciri khas dengan dua kolam renang. Kolam pertama berada di bagian atas dan memiliki sumber air panas karena adanya kandungan sulfur (belerang). Sedangkan kolam kedua berada di bagian bawah dan airnya dingin. Adanya kandungan belerang pada kolam pemandian ini dipercaya bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit, seperti gatal-gatal atau terapi kulit lainnya.

Baca Juga: Sungai Elo, Salah Satu Destinasi Wisata Arung Jeram

Candi Umbul memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dari kolam pemandian pada umumnya. Selain merupakan situs peninggalan sejarah, sumber mata air panas di Candi Umbul tidak pernah kering meskipun saat musim kering. Di sisi kolamnya terdapat beberapa arca dan bebatuan bersejarah.

Objek wisata Candi Umbul dapat menjadi destinasi wisata keluarga yang nyaman dan edukatif. Selain untuk berenang atau bermain air, Anda dan keluarga juga dapat menghirup udara sejuk pedesaan sambil menikmati pemandangan alam di sekitarnya yang tampak asri. Di sekitar kompleks Candi Umbul juga ditanami pohon-pohon rindang yang menyejukkan mata.

Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan di objek wisata ini. Terdapat beragam fasilitas, seperti tempat parkir, musala, kantin, dan kamar mandi. Selain itu, terdapat gazebo-gazebo yang dapat digunakan untuk duduk bersantai bersama keluarga sembari menikmati pemandangan yang indah dan asri.

Baca Juga: Tahun Baru Islam Segera Tiba, Ini Beberapa Amalan Sunah di Bulan Muharram

Rute menuju objek wisata Candi Umbul tidaklah sulit. Akses menuju lokasi tidak terlalu jauh dari jalan utama Magelang-Semarang. Sudah tersedia beberapa petunjuk jalan yang mengarahkan untuk menuju objek wisata Candi Umbul. Selain itu, jalan menuju lokasi juga sudah diaspal sehingga memudahkan perjalanannya. Di sepanjang perjalanan menuju area Candi Umbul, Anda disuguhkan pemandangan asri pedesaan dan hamparan sawah milik warga.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Wisata Sejarah Candi yang Ada di Wilayah Temanggung

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:14 WIB

Tips Mendapatkan Penerbangan Murah, Traveling Hemat!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:56 WIB
X