Mengapa Nasi Liwet Bu Wongso Lemu Solo Masih Menjadi Kuliner Terbaik di Kotanya Pak Jokowi?

- Minggu, 6 November 2022 | 19:18 WIB
Mengapa Nasi Liwet Bu Wongso Lemu Solo Masih Menjadi Kuliner Terbaik di Kotanya Pak Jokowi? (tangkapan layar youtube 10 Best ID)
Mengapa Nasi Liwet Bu Wongso Lemu Solo Masih Menjadi Kuliner Terbaik di Kotanya Pak Jokowi? (tangkapan layar youtube 10 Best ID)

AYOSEMARANG.COM - Berbicara Solo, mengingatkan pada kraton yang cukup mendalami budaya Jawa.

Selain itu stasiun balapan menjadi sebutan yang melekat kuat pada kota satu ini.

Solo juga memiliki peninggalan sejarah pada zaman kolonial, di antaranya Loji Gandrung, Omah Lawa, Gedung Djoeang 45, Benteng Vastenburg, Gedung Kallerie Artillerie Mangkunegaran.

Baca Juga: Segarnya Menikmati Segelas Es di Depot Es Semanggi Magelang, Ada Menu Legendaris Ini

Mungkin berbicara peninggalan kolonial terlalu mengerikan dan menegangkan, tapi tenang, Solo juga memiliki ciri khas kulinernya yang cukup melegenda dan pembicaraan kali cukup membuat anda menggiurkan dan pastinya tidak sabar, sebenarnya ada apa sih, tentunya kuliner satu ini menginatkan pada kampung halaman bagi kalian yang orang sunda.

Yap, nasi liwet, makanan satu ini dikenal sebagai kuliner khas Solo, yang pastinya nasi liwet satu ini cukup mencolok perbedaannya. Jika nasi liwet sunda terdapat ayam, timun, kemangi, dan sambal.

Berbeda dengan nasi liwet Solo satu ini, nasi bercita rasa gurih karna dimasak dengan santan sayur pepaya muda pedas, tahu kuning atau areh. Dengan lauk terdiri dari ayam kampung, telur kukus, dan jeroan.

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, berjualan sejak tahun 1950, lima tahun sejak Indonesia merdeka.

Baca Juga: Wisata Religi ke Pagoda Avalokitesvara Watugong Semarang yang Cantik dan Megah

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X