Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Dongkrak Transaksi UMKM Semarang

- Senin, 29 November 2021 | 16:08 WIB
Inisiatif Hyperlocal Tokopedia di Semarang. (dok Tokopedia)
Inisiatif Hyperlocal Tokopedia di Semarang. (dok Tokopedia)


SEMARANG, AYOSEMARANG.COM- Inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang digencarkan sejak pertengahan 2020 lalu terus membawa sederet dampak positif di berbagai daerah, termasuk Semarang.

Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho, mengungkapkan rata-rata transaksi pelaku UMKM lokal Tokopedia di Semarang meningkat hampir dua kali lipat selama kuartal III 2021 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

“Secara umum di Semarang, Makanan dan Minuman, Kecantikan, Kesehatan dan Perawatan Diri, Elektronik, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak menjadi kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi di Tokopedia selama kuartal III 2021 dibanding periode yang sama tahun 2020,” tambah Trian, Senin 29 November 2021.

Baca Juga: Amien Rais Tiba-tiba Minta Maaf ke Jokowi: Anda Memang Lebih Parah

Berbagai peningkatan tersebut didorong oleh sederet inisiatif turunan Hyperlocal. Contohnya, kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP), yang telah hadir di Semarang, Medan, Pekanbaru, Palembang, Bandung, Solo, Surabaya, Malang, Makassar dan akan terus bertambah di kota lainnya.

“Transaksi kampanye KTP di Semarang meningkat lebih dari tiga kali lipat selama kuartal III 2021 jika dibandingkan dengan kuartal III 2020. Sedangkan jumlah transaksi rata-rata UMKM yang mengikuti KTP meningkat lebih dari tiga puluh enam kali lipat,” jelas Trian.

Ia mencontohkan UMKM Semarang yang mengikuti kampanye KTP adalah Ecoffee. Sejak mengikuti kampanye KTP selama kuartal III 2021, penjualannya meningkat lebih dari tiga puluh empat kali lipat. Kenaikan ini menjadi penyemangat Ecoffee dan sejumlah petani kopi lokal yang digandeng dari berbagai daerah.

Baca Juga: Modus Beli Mobil, Pemuda Asal Semarang Gelapkan Pajero Sport

Selain mempermudah UMKM lokal, berbagai kampanye turunan Hyperlocal juga membantu masyarakat secara umum dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dari penjual terdekat. Salah satunya kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal serta Home Living SALEbrations.

Mebel Rotan adalah contoh UMKM Semarang yang kerap mengikuti kedua kampanye tersebut. ''Omzet kami meningkat hingga 100% setelah berjualan di Tokopedia,” ungkap pemiliknya, Tjan Manuel Alvin, yang juga memberdayakan belasan perajin lokal.

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Rekomendasi Item NFT yang Berpeluang Laku Keras

Selasa, 18 Januari 2022 | 14:29 WIB

Harga Emas Antam 18 Januari 2022 Naik Rp2.000 per Gram

Selasa, 18 Januari 2022 | 11:03 WIB
X